Iklan
Pemprov
Hadir secara online Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas meminta PTKI harus memiliki kemampuan mengharmonisasi relasi Islam dan ilmu pengetahuan.

Wisuda UIN RaFa Palembang Ke-76 Digelar Secara Online dan Offline

Palembang, Detik Sumsel- Sebanyak 781 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Laksanakan Sidang Senat Terbuka dengan agenda prosesi wisuda ke-76 di Gedung Academic Center UIN Raden Fatah Palembang. Pelaksanaan dilakukan secara offline dan online, (27/3).

Hadir secara online Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas meminta PTKI harus memiliki kemampuan mengharmonisasi relasi Islam dan ilmu pengetahuan. Hal tersebut Ia sampaikan saat memberikan sambutan virtual pada Wisuda ke 76 UIN Raden Fatah Palembang. “Bahwa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus memiliki pembeda dari Perguruan Tinggi lain di Indonesia,” pintanya.

Masih menurut Yaqut, untuk menghadapi tantangan saat ini, PTKI diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang benar-benar mampu memahami ilmu agama disamping ilmu pengetahuan umum lainnya selama menempuh studi di perkuliahan UIN Raden Fatah Palembang.

Sementara itu Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khadijah, S. Ag., M. Si menjelaskan, sidang senat kali ini fokus pada mencari peluang dan tantangan sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Para lulusan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam sejatinya merupakan corong perguruan tinggi untuk mengkampanyekan nilai-nilai intelektual keislaman kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :   Emak-emak di Pulokerto Siapkan Makanan Buat Satgas TMMD

Untuk itulah, lulusan sarjana PTKI diharapkan dapat menjadi cerminan bagi masyarakat dari sisi akidah (keyakinan), ibadah (pelaksanaan hukum dan ritual keagamaan), dakwah (syiar agama) dan akhlak (etika) sebagai seorang muslim seutuhnya.

“Karena lulusan akan menjadi tolak ukur keberhasilan PTKI di mata masyarakat. Semakin bagus dan berkualitas lulusan, berarti kampus juga memiliki kualitas yang bagus,” jelasnya.

Prof Nyayu Khodijah, menyampaikan bahwa tantangan terbesar yang akan dihadapi sarjana PTKI terkait dengan kemampuan adaptasi dan kontribusi dalam kehidupan. Untuk itulah dibutuhkan kemampuan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, ketajaman untuk melihat peluang dan kesempatan yang ada di depan mata, sekaligus kearifan dalam membaca tantangan dan hambatan sebagai bagian dari dinamika yang ada.

“Dengan hidup mandiri, kita dapat melatih tanggung jawab, meningkatkan keterampilan, tidak bergantung kepada orang lain, percaya diri, menjadi kreatif, mempunyai pikiran kritis, mengembangkan daya mental, menjadi berani,”ujarnya.

Diharapkan lulusan harus memiliki kemampuan bertahan dan memiliki jiwa kreatif atau kemampuan menghasilkan sesuatu hal yang unik. Hal ini sangat penting dalam memasuki dunia berkarier atau bahkan dunia wiraswasta. Yang dimaksud dengan kreatif adalah menciptakan ide atau gagasan baru yang mampu menghasilkan produk baru yang belum ada sebelumnya dan bisa digunakan oleh masyarakat. (Humas UIN RaFa)

Baca Juga :   Emak-Emak Ikut Bantu Bangun Pos Kamling

Berikut Keputusan Rektor UIN Raden Fatah Palembang, No. 1013 Tahun 2021 Tentang “Sarjana Berprestasi Akademik Tingkat Universitas Periode Maret 2021”

A.SARJANA BERPRESTASI AKADEMIK PROGRAM DOKTOR (S3)
Nama : Muhammad Abdillah, Palembang,01-06-1988, NIM.18031007, (Peradaban Islam/S3) Judul Disertasi “Konstruksi Pemikiran Syeikh Muhammad Azhari Al-Falembani dalam Kitab “Athiyah Ar-Rahman Tentang Sifat Wajib Nabi dan Rasul” IPK.4.00

B. SARJANA BERPRESTASIAKADEMIK PROGRAM MAGISTER (S2)
Nama : Dodi Afriyanto, Meranjat,11-11-1976 NIM.1801022041, (Hukum Tatanegara/S2) Judul Tesis “Kewenanagan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sebagai Lembaga Pengawasan Pemilihan Umum dan Lembaga Yang menjalankan Fungsi Peradilan Menurut Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum” IPK. 4.00

C. SARJANA BERPRESTASI AKADEMIK PROGRAM STRATA I(S1)
Nama : Rani Setiya Wati, Lampung,07-06-1999 NIM. 17202021107, (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/S1), Judul Skripsi “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD / MI” IPK.4.00

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Prof Nyayu Dikukuhkan Jadi Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera

Padang, Detik Sumsel- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *