Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Waspadai Titik Banjir di Palembang

Waspadai Titik Banjir di Palembang

Tanggal : Pukul :
414
0
Ilustras/Grafis: Raam/Detik Sumsel

Lipsus, Detik Sumsel- Dinas PU PR Kota Palembang telah melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya genangan air di sejumlah titik yang rawan banjir di Metropolis.

Setidaknya Dinas PU PR Kota Palembang sebelumnya mencatat ada sebanyak 65 titik genangan air yang terjadi saat kota Palembang dilanda hujan dengan intensitas debit air yang cukup besar.

Titik genangan air tersebut diantaranya di Jalan R Sukamto, Simpang Celentang, Simpang Polda, Basuki Rahmat, Sapta Marga (Depan Perumahan Citra Damai), PHDM, Kalidoni, Jalan Kapten A Rivai depan kantor Gubernur, Jalan Kolonel H Burlian KM 5-10, Jenderal Sudirman dan lainnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang, Bastari Yuzak melalui Kasi Drainase dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dinas PU PR Palembang, Firdaus mengatakan, dalam mengatasi titik-titik genangan air tersebut, saat ini pihaknya telah berupaya untuk membangun sekaligus melakukan perbaikan terhadap beberapa Drainase yang bermasalah, baik dengan mengeruk hingga memperlebar Drainase agar genangan air tidak lagi mengganggu masyarakat yang ada di Kota Palembang.

Baca Juga :   Pertanyakan Kejelasan Wilayah Desa Talang Buluh

“Pada Tahun 2017 sudah ada Pembangunan Drainase dari Jalan Mayor Zen sampai ke Sungai Juaro Pusri untuk mengatasi genangan air yang di SMA Kumbang (Jalan Residen Abdul Rozaq) dan juga Celentang. Tahun ini akan kita lanjutkan yakni dari arah Pusri ke Celentang, seluruhnya panjang kurang lebih 4,5 Kilometer. Kalau tahun lalu hanya 1,5 Kilometer, jadi sekarang sisanya. Untuk mengatasi genangan air yang di Jalan Sapta Marga, kedamaian, yang akan ditarik ke SMA Kumbang (Jalan Residen Abdul Rozak) hingga bisa ke Pusri,” bebernya.

Sementara itu Walikota Palembang, Harnojoyo mengungkapkan bahwa, saat ini masyarakat kota Palembang tidak perlu khawatir terkait permasalahan banjir tersebut.

Dikatakan Harno, dalam mengatasi apa yang ditakuti oleh masyarakat tersebut, sesungguhnya dapat dilawan oleh diri masyarakat itu sendiri melalui suatu kesadaran.

Baca Juga :   Pemkot Palembang Raih Penghargaan Terpopuler di Media Online 2019

“Jangan khawatirlah. Yang jelas kami mengajak masyarakat untuk sadar gotong-royong, jangan sampai nanti karena banyak sampah di lingkungannya malah membuat air itu tergenang,” ungkap Harnojoyo saat ditemui Detik Sumsel di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang.

Ia juga memaparkan, terkait dengan genangan air di wilayah Bendung, Pompanisasi sungai Bendung yang sangat diharapkan saat ini akan mulai oprasional pada bulan November.

“Semua daerah yang beraliran ke Bendung InsyaAllah tuntas. Kemudian kemarin di Damri, kami akan normalisasi ada kolam Retensi yang kepunyaan masyarakat ini diserahkan kurang-lebih 3000 meter sudah kita normalisasi,” ujarnya.

Sementara untuk lokasi Jalan Jenderal Sudirman, Harnojoyo menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah menyelesaikan permasalahan di Jalan Tengkurung yang dikarenakan adanya suatu penyempitan atas pembangunan LRT.

“Mudah-mudahan, beberapa titik genangan air yang terjadi selama ini sudah kita antisipasi terkait permasalahan banjir,” pungkasnya.(wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here