Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Warga Prabu Menang Tanyakan Uang Bantuan Di Kades

Warga Prabu Menang Tanyakan Uang Bantuan Di Kades

Tanggal : Pukul :
218
0
Suasana saat musyawarah di balai desa. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Puluhan warga Desa Prabu Menang, Kecamatan Merapi Timur, Lahat, Kamis pagi (21/11) mendatangi balai desa. Mendesak Kepala Desa setempat, Satiun Sulistian bersikap transfaran, terkait adanya uang kepedulian dari perusahaan batubara untuk warga desa.

Abdul Bazar warga Desa Prabu Menang mengatakan, dari yang sudah diketahui di era Kades sebelumnya diawal tahun 2017, warga desa mendapatkan santunan dari PT Golden Gred Borneo sebesar Rp 5 juta perbulan. Yang dijadikan berbentuk beras, untuk dibagikan ke warga. Hanya saja pada awal tahun 2018 masuk program pemeritah, berupa pembagian beras rastra untuk warga.

“Kami hanya ingin kejelasan, saat adanya program pembagian beras rastra, uang dari PT GGB ini dikemanakan. Soalnya dari perusahaan sendiri, uang tersebut terus bergulir,” ujar Abdul Bazar, di forum musyawarah, dihadiri Kades, PT GGB, TNI, BPD, dan puluhan warga desa setempat.

Menanggapi hal tersebut, Satiun Sulistian mengelak jika disebutkan telah menggunakan uang tersebut. Menurutnya uang tersebut masih ada, dan disimpan dalam kas desa. Masyarakat bisa saja menggunakannya, asalkan dibentuk panitia yang bakal mengelola uang tersebut.

“Cari tahu dulu yang jelasnya, jangan asal main tuduh. Saya tidak mengambil uang itu, itu uang desa. Jika setelah ditelusuri saya yang salah, saya kembalikan semua uang itu,” tegas Kades termuda di Lahat ini.

Sementara, Kepala Regional PT GGB, Erwin menjelaskan, dirinya tidak begitu jelas terkait perjanjian soal uang itu, mengingat dirinya baru. Untuk itu Erwin meminta diagendakan rapat selanjutnya, dengan menghadirkan seluruh yang terlibat saat perjanjian adanya uang bantuan tersebut.

“Sebelumnya ada perjanjian, saya tidak tahu, saya baru disini. Dalam rapat selanjutnya kami minta yang terlibat dihadirkan, agar semua jelas,” pinta Erwin. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here