Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ogan Ilir Warga Lakukan Aksi Portal Jalan Terhadap Kendaraan Truk PT. KIM

Warga Lakukan Aksi Portal Jalan Terhadap Kendaraan Truk PT. KIM

Tanggal : Pukul :
827
0

Indralaya, Detik Sumsel– Warga Komplek Perumahan Baktiguna Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir memasang portal jalan terhadap mobil truk milik PT. Karya Inti Malindo (KIM) pengangkut kayu, Kamis (11/10).

Pasalnya pemasangan portal tersebut bertujuan untuk melindungi jalan yang mana kian lama makin hancur yang diakibatkan oleh mobil truk pengangkut kayu yang bertonase 8 sampai 10.

Warga setempat Reza menuturkan bahwa pemortalan jalan tersebut dikarenakan untuk melindungi jalan, apabila dibiarkan dalam jangka panjang jalan tersebut akan hancur.

“Ya, kami melakukan pemasangan portal pada saat malam hari dikarenakan mobil milik PT. KIM selalu beroperasi pada saat jam istrahat dini hari kalau dibiarkan terus jalan akan hancur dan juga hingga saat ini belum ada etikat baik dari pihak perusahan untuk memperbaiki jalan yang sudah sebagian hancur,”katanya.

Menurutnya jalan tersebut diperuntukkan oleh warga perkomplekan bukan diperuntukkan buat kepentingan milik perusahaan.

“Jalan ini pak diperuntukkan buat warga bukan buat perusahaan silakan perusahaan buat jalan sendiri dan juga ini wilayah perkomlekan bukan zona industri untuk zona industri di indralaya utara tepatnya dijalan lurus,”tegasnya.

Ia menambahkan bahwa PT. KIM saat ini izin operasinya sudah di cabut oleh Dinas Perizinan pada rapat mediasi di Kantor Camat waktu yang lalu.

“Saya dapat informasi dari pemberitaan media bahwa izin operasi PT. KIM sudah dicabut oleh pihak terkait namun pihak perusahaan tidak menghiraukan surat pencabutan izin tetap melakukan operasi, oleh karena itu kami selaku warga sudah sepakat untuk melakukan pemortalan jalan tersebut,”tungkasnya.

Sementara saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pelayanan Perizinan Satu Pintu (PTSP) Nursamsul melalui Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Ujang Bastari menuturkan bahwa saat ini hanya bisa melayangkan surat secara tertulis penyetopan operasi.

“Ya, kemarin saat kita melakukan mediasi dikantor camat Indralaya dengan mengundang pihak dari PT. KIM, Kades, Camata, warga dan pihak pemerintah kita sudah melayangkan surat penyetopan izin operasi dan untuk penindakan itu hanya dilakukan oleh anggota Pol PP,”katanya.

Menurut Ujang Bastari yang bisa menegakkan aturan tersebut dilakukan oleh anggota Pol PP yang diutus oleh sekertaris Daerah H. Herman dan Bupati OI.

“Ya, yang bertindak dilapangan itu dilakukan oleh Pol PP yang sudah diutus oleh pemkab OI, jadi masyarakat saya sarankan untuk membuat laporan secara tertulis yang ditembuskan kepada Bupati diteruskan ke Sekda dan Pol PP,”ucapnya.

Ia, menambahkan pihak Dinas Perizinan tidak bisa menindak secara tegas hanya bisa membuat surat secara tertulis dengan melayangkan surat penyetopan izin operasi.

“Kami tidak bisa bertindak diluar poksi kami hanya bisa melayangkan surat stop izin operasi saja,”tegasnya. (AL)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here