Beranda Daerah Warga Lahat Rayakan HUT RI Dengan Memungut Sampah di Sungai Lematang

Warga Lahat Rayakan HUT RI Dengan Memungut Sampah di Sungai Lematang

Tanggal : Pukul :
144
0
Sejumlah warga saat membersihkn belataran Sungai Lematang. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Jika disejumlah tempat merayakan HUT RI ke 47 Tahun 2019, dengan cara menggelar berbagai perlombaan. Suasana berbeda terlihat di wilayah RT 3, RT 4, RW 2 Kelurahan Pasar Bawah, Kota Lahat. Pasalnya sejumlah warga terlihat kompak membersikan bantaran Sungai Lematang diwilayah tersebut.

Herlianto Sapsidi, SP, Ketua Forum Peduli Lingkungan Lahat Bersih Indah dan Asri selaku pelopor kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Terutama mengajak masyarakat untuk menghilangkan budaya, membuang sampah di aliran Sungai Lematang.

“Kita ingin menghilangkan budaya masyarakat, yang suka buang sampah di Sungai Lematang. Selain tidak enak dipandang, juga pasti berpengaruh pada kesehatan masyarakat,” Sabtu (17/8).

Saat kegiatan berlangsung, anak-anak sekitar tampak ikut melakukan kegiatan pembersihan sungai. Sampah yang terkumpul bahkan mencapai 40 kantong plastik besar. Didominasi oleh sampah plastik sisa rumah rumah tangga.

“Anak-anak yang ikut dalam pembersihan ini, diharapkan nantinya tumbuh sikap peduli lingkungan. Bisa mengajak keluarganya untuk tidak lagi membuang sampah di sungai,” harapnya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here