Iklan

Detik
Pemprov
Ratusan warga turun ke Tebat Lempaung untuk menangguk ikan, Foto Istimewa.

Warga Lahat Lestarikan Budaya Nangguk Bersame

Lahat, Detik Sumsel – Jika di Kecamatan Kikim Area ada budaya yang namanya Bekarang, di Kecamatan Merapi area ada Nangguk Bersame. Tahun ini menjelang Bulan Suci Ramadhan, Bupati Lahat, Cik Ujang SH kembali menyempatkan diri berkumpul dengan masyarakat Desa Gedung, Kecamatan Merapi Timur, untuk Nangguk Bersame di Tebat Lempaung dengan luas sekitar 2 hektar.

Bupati Lahat mengatakan, Kabupaten Lahat memiliki banyak budaya atau peninggalan nenek moyang, untuk itu perlu dijaga dan dilestarikan agar budaya ini tetap terjaga hingga ke anak cucu kita.

Baca Juga :   Ramai-ramai Warganet Hujat Akun Facebook Deri Permana

“Terima kasih masyarakat Desa Gedung Agung sudah tetap menjaga, melestarikan budaya ini. Kebersamaan ini sudah jarang ada di daerah-daerah lain,” kata Cik Ujang, Minggu (11/4).

Bupati Lahat menambahkan, insya allah kedepan Pemkab Lahat berencana akan menjadikan Tebat Lempaung ini sebagai objek destinasi wisata. Sehingga disaat momen seperti ini akan banyak wisatawan yang datang mengunjungi Kabupaten Lahat.

“Usai nangguk, kele kite uculka ikan lagi. Yang penting budaya ini dijage, jangan sampai hilang,” ujarnya.

Selama kegiatan Nangguk Bersame berlangsung, ratusan warga mulai dari Pria/Wanita, orang tua, pemuda bahkan anak-anak bergembira turun ke Tebat Lempaung untuk menangkap ikan menggunakan bubu dan jala. (heru)

Baca Juga :   Tubuh Rangga Wijaya Ditemukan 4 KM dari Lokasi Kejadian
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Usai Apel Pagi, Perwakilan Personel Polda Sumsel Tes GeNose Covid 19

Palembang, Detik Sumsel — Lebaran idul fitri hari keempat Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *