Gran Fondo
Istimewa - Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni mengunjungi kediaman Dapindra (2), bayi yang menderita penyakit hidrosefalus. 

Wako Pagaralam Santuni Bayi Penderita Hidrosefalus

Pagaralam, Detik Sumsel – Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni mengunjungi kediaman Dapindra (2), bayi yang menderita penyakit hidrosefalus (penumpukan cairan di dalam rongga jauh dalam otak), yang tinggal di Dusun Jambat Balo Kelurahan Ulu Rurah Kecamatan Pagar Alam Selatan, Selasa (27/10).

Dalam kunjungannya, wako menyampaikan kepada Yuliana, ibu dari Dapindra, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu pengobatan Dapindra. Pemkot akan memberikan jaminan kesehatan berupa JKN KIS kepada anak tersebut, dengan cara melunasi terlebih dahulu tunggakan BPJS keluarga tersebut.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk pengobatan Dapindra. Kita akan bawa dulu ke Rumah Sakit Umum Besemah, nanti akan diketahui apakah akan dirawat di Pagaralam atau harus dibawa ke Palembang,” ujarnya.

Baca Juga :   Selama Pandemi, 600 Pasang Catin di OI Tertunda Menikah

Pada kesempatan tersebut, wako turut memberikan santunan kepada keluarga anak tersebut, dengan harapan dapat membantu memenuhi keperluan sehari-hari.

Untuk diketahui hidrosefalus adalah penumpukan cairan di rongga otak, sehingga meningkatkan tekanan pada otak. Pada bayi dan anak-anak, hidrosefalus membuat ukuran kepala membesar. Sedangkan pada orang dewasa, kondisi ini bisa menimbulkan sakit kepala hebat.

Di hari yang sama, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Sosial juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas), yang juga diserahkan secara simbolis Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni di Kantor Dinas Sosial.

Wako mengatakan, setiap warga negara Indonesia termasuk penyandang disabilitas, memiliki kedudukan hukum dan hak yang sama untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.

Baca Juga :   Jalur Lahat - Empat Lawang Ambrol Pengendara Dihimbau Hati - hati

“Namun pada kenyataannya sebagian besar penyandang disabilitas masih sangat rentan terhadap perlakuan diskriminatif yang dapat menghambat kemajuannya. Untuk itulah peran aktif dari pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kesamaan hak, perlindungan dan kesempatan, bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, wako secara simbolis menyerahkan alat bantu dan paket sembako kepada masyarakat berkebutuhan khusus/penyandang disabilitas.

“Terima kasih kepada Dinas Sosial, sebagai leading sector Pemkot Pagaralam, yang menaungi urusan bidang sosial. Semoga Dinas Sosial terus menggali potensi dan sinergi dengan bidang lainnya, dalam memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas di Kota Pagaralam. Semoga segala upaya yang telah kita laksanakan, selalu diridhoi Allah SWT,” pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Update COVID-19 Muba: Nihil Penambahan Kasus

Sekayu, Detik Sumsel – Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Minggu (29/11) mengkonfirmasi nihil penambahan kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *