Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kabid Pencagahan dan Pengendalian Penyakit, Subur Wicaksono.

Vaksinasi MR Tak Capai Target, Ini Penyebabnya

Pagaralam, Detik Sumsel – Guna mewujudkan capaian target bebas penyakit Campak dan Rubella, Dinas Kesehatan Kota Pagaralam akan mengioptimalkan pelayanan Vaksinasi (imunisasi) Measles Rubella (MR) ke masyarakat, salah satunya yaitu terus mengkampanyekan bahwa vaksin tersebut aman dengansasaran ke sejumlah sekolah-sekolah bahkan menggandeng Majelia Ulama Indonesia (MUI).

Mengutip surat edaran Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia yang disampaikan oleh Dinkes Kota Pagaralam bahwa secara nasional cakupan vaksinasi MR masih rendah dan sampai dengan tanggal 20 September 2018  baru mencapai 48.8 persen dari target 95 persen,sehingga di perpanjang hingga akhir Oktober 2018.

Baca Juga :   Disdukcapil OI Pastikan Blanko e-KTP Cukup

“Hal ini sebagai wujud mensukseskan pencapaian pelayanan ke anak usia 9 bulan hingga 12 tahun,”ungkap Kadinkes Kota Pagaralam melalui Kabid Pencagahan dan Pengendalian Penyakit, Subur Wicaksono. Saat dihubungi, Kamis (11/10)

Subur tak menampik, jika salah satu pemicu dari belum maksimalnya capaian vaksinasi MR tersebut karena masih ada keraguan atau rasa takut dari orang tua akan vaksin MR.

“Ini tak lepas dari polemik yang sebelumnya mengatakan bahwa vaksin MR tersebut haram dan mengandung cairan babi,”jelasnya.

Namun kata Subur, setelah ada fatwa MUI yang menyatakan bahwa vaksin MR tersebut hukumnya mubah maka Dinkes Kota Pagaralam tetap melanjutkan vaksinasi MR kepada masyarakat karena sejauh ini sejauh ini vaksin (imunisasi) MR aman.

Baca Juga :   Cik Ujang Himbau Setiap Kegiatan Kedinasan Luar Kantor Harus Gunakan Hotel Pemkab

“Memang, untuk dampaknya usai di vaksin akan ada efek, semisal ruam pada kulit atau panas (demam) kepada si anak tapi itu sifatnya biasa dalam imunisasi,”terang dia.

Sambung Subur, untuk itulah, Pemkot Pagaralam dalam hal ini Dinkes didukung oleh MUI untuk turut mensosialisasikan kepada masyarakat. Demikian juga dengan Kanmenag, untuk melakukan hal serupa ke sekolah-sekolah, mulai dari tingkat MI, MTs dan MA.

“Dengan demikian mudah-mudahan target tercapai hingga akhir Oktober nanti,”pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Warga Pagaralam Keliling Cari Gas Melon

Pagaralam, Detik Sumsel – Bahan bakar gas elpiji ukuran 3 Kilogram (KG) beberapa hari terakhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda