Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Ibu-ibu Desa Prabumenang usai melakukan pertemuan dengan Bupati Lahat, Cik Ujang SH. Foto Heru/DS.

Usai Temui Bupati, Emak – emak di Lahat Turun Ke Jalan

Lahat, Detik Sumsel — Ucapan Bupati Lahat, Cik Ujang SH sebelumnya, yang mengajak ibu-ibu Desa Prabumenang, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, untuk duduk bersama akhirnya ditepati. Puluhan kaum ibu yang menjadi perwakilan, tokoh masyarakat, dan kepala desa, dipanggil untuk duduk bersama mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Cik Ujang mengatakan, Pemkab Lahat berencana akan mendirikan wadah bagi transportir batu bara Lahat, untuk menaungungi desa desa dengan penyemprotan jalan dan penyapuan jalan. Sehingga debu yang dihasilkan saat pengangkutan batubara, tidak lagi menjadi persoalan di masyarakat.

“Mungkin nanti akan ada mobil sedot debu. Jadi seluruh tambang, transportir, bersatu untuk menyelesaikan permasalahan itu. Mungkin akan dinaungi oleh Perusda. Sedangkan terkait konpensasi, itu kita pelajari dulu, terpenting jangan lagi ada warga yang menutup akses lalu lintas,” kata Cik Ujang, Senin (21/9).

Baca Juga :   PT BA dan PT KAI MoU Perjanjian Terkait Pengembangan Angkutan Batubara

Sementara, H Anwar Bahudin, selaku pemuka masyarakat setempat menuturkan, selama ini tidak ada penyiraman jalan oleh pihak perusahaan baik batubara maupun galian c. Sehingga rumah warga bahkan sampai tertutup debu, belum lagi soal kesehatan. Untuk itu, dirinya menekankan, jika tuntutan tetap tidak ada jawaban, bukan tidak mungkin akan ada aksi lebih besar dari ibu-ibu.

“Kalau nanti ada aksi lagi, kami atas nama bapak bapak tidak bisa menahan para mak mak ini. Karena kalau kami menahan mereka (emak emak) kami tidak dimaskaan, tidak bisa makan, anak anak tidak diasuhnya, bisa-bisa tidur di luar,” tuturnya.

Baca Juga :   Dinsos OKU Akui Kesulitan Tertibkan Anjal dan Gepeng

Disisi lain, Kades Prabumenang, Satiun Solistian menjelaskan, sudah sewajarnya tuntutan emak emak dipenuhi, mengingat mereka (Perusahaan red) sudah banyak memetik hasil dari tambang batu bara.

“Kalaupun harus lakukan aksi, harus berjalan kondusif, jangan melempar batu ke kendaraan. Pak Bupati juga sudah mendengar keluhan dari ibu ibu Desa Prabumenang,” jelasnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Polres OKUT Belum Terima Laporan Terkait Netralitas ASN

Martapura, Detik Sumsel — Polres OKU Timur mengaku belum menerima laporan terkait netralitas personel Polisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *