Beranda Olahraga Usai Lebaran, ISSI Sumsel Gelar Pra-PON dan Kejurnas

Usai Lebaran, ISSI Sumsel Gelar Pra-PON dan Kejurnas

Tanggal : Pukul :
297
0
Tim ISSI Sumsel saat meninjau lokasi di lubuk linggau beberapa waktu lalu

Palembang, Detik Sumsel – Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Selatan, dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) 2020 Papua dan Kejuaraan Nasional 2019 cabang olahraga balap sepeda untuk disiplin Road Bike dan Mountain Bike (MTB).

“Penunjukan ini berdasarkan surat dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) dengan nomor 0185 tahun 2019. Nomor yang diperlombakan untuk dua ajang yaitu Road Bike Pra PON 2020 dan Kejurnas 2019 disiplin Criterium, Individual Time Trial (ITT) dan Individual Road Race (IRR), untuk Mountain Bike Pra PON disiplin Downhill Individual (DHI) dan Cross Country Olympic (XCO), sedangkan untuk MTB Kejurnas yang diperlombakan adalah Downhill Indovidual (DHI), Enduro (END), Cross Country Olympic (XCO) dan Cross Country Elliminator (XCE). Semua yang diperlombakan adalah putra dan putri,” ungkap Sekretaris Umum ISSI Sumsel, Andi “Tegakzx” Moturua saat di bincangi Detik Sumsel Selasa (21/5)

Berdasarkan itu, lanjut Andi, Pengprov ISSI Sumsel bekerjasama dengan pemerintah kota Lubuklinggau sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan. Gayungpun bersambut, pemerintah Lubuklinggau menyambut baik ajang ini dan siap bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan event ini.

“Adapun sebagai lokasi penyelenggaraan, untuk Road Bike, kelas Criterium Start/Finish dan lintasan menggunakan lintasan Lapangan Perbakin, untuk Individual Road Race (IRR), start/finish di Lapangan Perbakin dan untuk lintasan menggunakan lintasan melewati jalan raya kota Lubuklinggau sepanjang 13 KM yang ditempuh sebanyak 9 putaran untuk putra dan 6 putaran untuk putri, dan untuk kales Individual Time Trial (ITT) start/finish di Terminal Watas dan menempuh lintasan di jalan lingkar selatan sepanjang 30 KM untuk putra dan 20 KM untuk putri. Sedangkan untuk kategori Mountain Bike (MTB) semua kelas perlombaan akan dipusatkan di Trek Internasional Bukit Sulap,” paparnya

Dijelaskan Andi, Sebagai tindak lanjut ISSI Sumsel sebagai pelaksana dan Pemerintah Kota Lubuklinggau sebagai tuan rumah, sejak hari minggu kemarin, tim dari PB ISSI yang terdiri dari Sondi Purnomo yang bertindak sebagai UCI Commissaire dan Technical Delegate (TD) Mountain Bike dan Bapak Yoseph bertindak sebagai Elite Commissaire dan Technical Delegate (TD) Road Bike beserta tim ISSI Sumsel yang dipimpin langsung oleh ketua umum ISSI Sumsel Leonard Sohe, SH, dan Instansi Terkait dalam hal ini Pihak Kepolisian dan dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum sudah meninjau lokasi dan menyatakan bahwa lokasi layak untuk digunakan.

“Rencananya kegiatan dilaksanakan pada 11-14 Juli 2019 untuk Road Bike dan 18-20 untuk Mountain Bike. Event ini akan diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Ajang ini sangat penting bagi seluruh pengurus ISSI provinsi se Indonesia, karena akan menentukan nasib tim balap sepeda mereka di PON 2020 Papua. Kuota yang akan mereka dapatkan sangat tergantung dari hasil Pra PON yang akan dilaksanakan di kota Lubuklinggau ini,” jelas Andi

Menurut dia, Pemerintah kota Lubuklinggau sendiri, penyelenggaraan ini sangat penting, berkaitan dg rencana kota Lubuklinggau menjadi tuan rumah event level dunia yg bernama *2022 Mountain Bike Marathon World Championship* Lubuklinggau.

“Hal ini juga merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah kota Lubuklinggau terhadap perkembangan olahraga balap sepeda khususnya mountain bike di Indonesia. Lubuklinggau sendiri sudah beberapa kali menjadi tuan rumah perhelatan event balap sepeda berskala nasional maupun internasional. Terakhir di 2017, kota Lubuklinggau sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional MTB 2017 dan Asia Pasific Championship 2017,” pungkasnya (Fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here