Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
JERUK GERGA : Saat Para petani memanen jeruk gerga di lahan miliknya.(Foto:Rendi/Detik Sumsel)

Usai Ikuti Festival Buah Unggulan, Pesanan Jeruk Gerga Pagaralam Langsung Meroket

Pagaralam, Detik Sumsel – Jeruk Gerga asal Pagaralam menunjukan kelasnya sebagai buah hasil pertanian yang menjadi Primadona tidak hanya bagi masyarakat Kota Pagaralam, namun juga di oleh masyarakat luar daerah. Hal ini terbukti setelah buah yang berwarna kuning ini berhasil menyabet juara pertama sebagai buah hasil pertanian unggulan di Sumsel.

Dada festival buah unggulan hasil pertanian yang  digelar  oleh DPD HA IPB bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan, di Halaman Griya Agung Palembang beberapa hari yang lalu.

Sidarhan petani mengatakan jeruk gerga mengungkapkan, jika pihaknya setelah mendapatkan hasil di festival tersebut, cukup mendapatkan berkah, pasalnya banyak menerima pesanan jeruk dari luar maupun dalam daerah. salah satunya oleh konsumen asal Provinsi Bengkulu yang memesan hingga 4 ton jeruk gerga.

Baca Juga :   Siap Jadi Tuan Rumah Kongres GP Ansor, Muba Ikuti Perkembangan COVID -19

“Ini merupakan kali pertama pesanan dengan jumlah yang sangat tersebut, karena dihari biasanya pesanan paling banyak hanya berkisar di 500-600 Kg dan tergantung dengan kebutuhan konsumen.”ungkapnya. Rabu (16/1)

Sambung Sidarhan menuturkan, jika Jeruk gerga tersebut bukanhlah buah khas tanaman Pagaralam, melainkan berasal dari daerah Provinsi Bengkulu, tepatnya di wilayah Kabupaten Lebong.

“Namun yang menjadi nilai tambah dari jeruk gerga pagaralam yaitu cita rasa dan ukuran buah serta daya tahan simpanya yang cukup lama, sehingga menjadi unggulan tersendiri budidaya gerga Pagaralam,”jelasnya.

Lanjutnya, jika kedepan gerga Pagaralam juga akan menjadi buah hasil pertanian unggula  yang akan dibawah ke Pekan Raya Petani Daerah (Peda) se Sumatera Selatan yang dihelat di Musi Banyuasin (Muba).

Baca Juga :   30 Pegawai Non Reaktif, Samsat Pagaralam Kembali Buka Pelayanan Tatap Muka

“Kita harap dengan banyaknya iven yang diikuti akan menjadi ajang promosi bagi gerga Pagaralam,”harapnya.

Senada dikatakan Desti, kalau dihari biasa kebun jeruk gerga yang dia garap hanya menjadi objek wisata bagi pengunjung baik dari dalam maupun dari luar Pagaralam.

“Biasa yang namanya pengunjung pesananya juga bukan dalam jumlah yang banyak palinghanya hitungan kilogram untuk oleh-oleh saja,”jelasnya.

Tidak hanya itu, Kebun gerga yang dia garap juga pernah menjadi tujuan penelitian beberapa perguruan tinggi salah satunya yakni Universitas Sriwijaya.

“Bahkan pernah menjadi judul skripsi bagi mahasiswa-mahasiwi,”pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Polres OKUT Belum Terima Laporan Terkait Netralitas ASN

Martapura, Detik Sumsel — Polres OKU Timur mengaku belum menerima laporan terkait netralitas personel Polisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *