Detik
Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Kepala BKD Jauhar Fahri usai menerima penghargaan WTP dari Kementrian Keuangan RI.
Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Kepala BKD Jauhar Fahri usai menerima penghargaan WTP dari Kementrian Keuangan RI.

Untuk Kelima Kalinya, Prabumulih Kembali Raih Penghargaan WTP 

Prabumulih, Detik Sumsel – Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) kembali memberikan penghargaan opini Wajar Tanpa Batas (WTP) periode 2013-2017. Penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kota Prabumulih, yang masuk dalam 53 daerah penerima penghargaan tersebut.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja nasional bertema “Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2018”, pada Kamis (20 September 2018) di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan RI Jakarta.

Pemerintah daerah yang memperoleh opini WTP dinilai telah memenuhi syarat  kesesuaian penyajian laporan dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan. Tahun 2018 ini ada 298 pemerintah daerah mendapat opini WTP. Dari jumlah tersebut, terdapat 53 pemda mendapat opini WTP periode 2017-2018 termasuk Pemerintah Kota Prabumulih.

Baca Juga :   Bawa Kabur Uang Perusahaan, Sularto Diciduk di Magelang

Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengapresiasi penghargaan tersebut. Melalui preatasi ini, dirinya berharap seluruh jajaran Pemkot Prabumulih terus mempertahankan opini ini.

“Beberapa catatan menteri keuangan agar segera ditindaklanjuti misalnya meningkatkan sistem pengendalian internal pemerintah (spip), pengendalian pengelolaan PNBP, catatan kurang tertib atas belanja pemerintah pusat di daerah dan pencatatan aset perlu ditingkatkan,” ungkap Ridho.

Selain itu walikota dua periode ini juga memerintahkan jajaran OPD untuk melakukan  percepatan penerbitan Laporan Keuangan tahun mendatang.

“Terdapat 5 pemda di Provinsi Sumsel yang meraih penghargaan WTP 5 kali berturut-turut yaitu Kota Prabumulih, Lubuk Linggau, Kabupaten OKI, OKUT dan Banyu Asin. Kita perlu berbangga dengan raihan prestasi ini,” bebernya.

Baca Juga :   Antisipasi Kenakalan Remaja, Anggota Binmas Sambangi Sekolahan

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Prabumulih Jauhar Fahri, SE, Ak, CA menjelaskan siap menindak lanjuti arahan walikota. Disamping itu, dia berharap dapat bersinergi dengan seluruh OPD dan pihak terkait lainnya.

“Tanpa bantuan OPD sulit menindaklajuti arahan pak walikota. Makanya perlu kerjasama yang baik bagi seluruh OPD. Karena ini adalah untuk kebaikan bersama,” pungkasnya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Erizal Wandi

Avatar

Check Also

Prabumulih Bisa Jadi Contoh Pengendalian Covid-19

Prabumulih Bisa Jadi Contoh Pengendalian Covid-19

Prabumulih, Detik Sumsel – Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH mengapresiasi langkah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *