Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Universitas Sumatera Selatan: Kampusnya Entrepreneurs, Rektornya Milenial

Universitas Sumatera Selatan: Kampusnya Entrepreneurs, Rektornya Milenial

Tanggal : Pukul :
966
0
Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc., Ph.D Rektor USS Periode 2019-2023 (Ist)

Palembang, Detik Sumsel — Generasi muda saat ini yang biasa disebut Generasi Y (Milenial) dan Generasi Z merupakan penyumbang terbesar bonus demografi usia produktif Indonesia saat ini dan kedepan. Mereka dituntut untuk mahir dalam penguasaan teknologi pada era Revolusi Industri 4.0 yang didominasi teknologi informasi, Internet of Things (IoT), robot dan lain sebagainya.

Anak muda generasi ini memiliki kharakteristik yang khas. Mereka memiliki lifestyle and learning style yang jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Secara alami mereka sangat mobile dan antusias dengan hal-hal baru. Mereka memiliki awareness yang tinggi terhadap teknologi informasi seperti internet, gadget dan games.

Mereka hidup berkomunitas dan sangat aktif di media sosial. Cara mereka belajar pun berbeda. Mereka lebih suka belajar melalui Youtube, aplikasi online dan grup-grup Whatsapp daripada duduk di kelas mendengarkan kuliah.

Dunia pendidikan pun harus berubah, menyesuaikan dengan mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan datang. Di era milenial saat ini, ada kesan yang kuat bahwa kampus memiliki fungsi ‘hanya’ pelengkap yang menjadi bagian dari identitas sosial anak muda.

Namun di luar itu, kunci sukses tetap bergantung pada kreativitas tiap-tiap anak muda itu sendiri. Kampus tidak lagi menjejali mereka dengan kuliah-kuliah berjadwal yang membosankan, tapi memberikan ekosistem yang mendukung mereka untuk mengembangkan kreativitas.

Mahasiswa yang kuliah dikampus ternama dan belajar pada bidang keilmuan favorit memang tetap menjadi impian anak muda milenial. Tetapi, sebagian dari mereka, menganggap kampus atau perguruan tinggi konvensional tidak lagi menjadi faktor utama untuk meraih impian kesuksesan di masa depan.

Untuk itu perguruan tinggi harus menyesuaikan zaman. Para generasi milenial tentunya wajib diberikan pendidikan yang sangat bermanfaat
untuk menjadi generasi yang sukses.

Universitas Sumatera Selatan hadir membangun fondasi yang kukuh bagi tumbuhnya sikap kritis mahasiswa dengan pengembangan keterampilan profesional dan pengetahuan keilmuan mahasiswa.

Universitas Sumatera Selatan dibawah kepemimpinan Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc., Ph.D. akan menjawab semua tantangan tersebut dengan memberikan metode pembelajaran yang unggul dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian melalui paradigma entpreneurship menjadi sebuah entrepreneur university.

Outputnya, mahasiswa diharapkan menjadi eorang entrepreneur dan problem solver yang dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat dengan tetap menggunakan pendekatan akademis.

Dengan segudang pengalamannya sebagai akademisi, penggiat komunitas dan pengusaha yang sukses di bidang teknologi informasi, Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc., Ph.D. yang merupakan Rektor termuda (umur 40 tahun) di Sumatera Selatan, selalu memberikan ide-ide dan gagasan yang modern kepada para praktisi, dosen dan mahasiswa agar Universitas Sumatera Selatan menjadi universitas yang terbaik di Sumatera Selatan karena persaingan di bidang kreativitas dan penguasaan teknologi digital menjadi salah satu kunci sukses di masa yang akan datang.

Saat ini Universitas Sumatera Selatan memiliki 5 Program Studi yaitu Manajemen, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, Agribisnis dan Pertanian. Universitas Sumatera Selatan memiliki 3 kampus yang lokasinya sangat strategis yakni Kampus A berada di Jalan Letnan Murod Km. 5 Palembang, Kampus B berada di Jalan Jenderal Sudirman Gedung Graha Bunda Simpang Polda, dan Kampus C di Jalan Noerdin Panji Jakabaring.

Universitas Sumatera Selatan memiliki laboratorium skala industri di bidang pertanian, perikanan dan informatika yang akan mengasah kemampuan aplikatif dari mahasiswanya.

Sebagai penutup, generasi masa kini harus mampu beradaptasi dengan cepat dan menjadi lebih baik serta berpikir kreatif, karena apabila tidak, dalam beberapa tahun ke depan kita akan semakin tertinggal dan posisi kemungkinan sudah digantikan oleh generasi yang lebih canggih lagi yaitu era kecerdasan buatan seperti robot dengan keahliannya yang bakal sepadan dengan manusia. Mari kita hadapi masa depan menjadi lebih baik lagi, bersama Universitas Sumatera Selatan. (oji/rel)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here