Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Head of Sales Babel - GreaterPalembang, Ferdinan Octavian saat menyerahkan hadiah kepada peserta (Maya/detiksumsel.com)

Uji Kualitas Jaringan Fiberisasi Lewat Kompetisi Digi Race 2019

Palembang, Detik Sumsel – Palembang menjadi kota ke Empat setelah Denpasar, Makasar dan Semarang untuk kegiatan Digi Race Competition 2019.

Ada 10 peserta yang terpilih mengikuti kegiatan ini Palembang Sumatera Selatan, setelah melalui seleksi 20 besar terlebih dahulu. Peserta yang lulus seleksi ini merupakan peserta pengiatan media sosial yang sudah terseleksi dari aku Instagram XL.

Ini menjadi tahun ketiga kegiatan kompetisi “Digi Race Competition 2019,” dan ini sekaligus menjadi ajang untuk menguji jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan data di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan.

Head of Sales Babel – GreaterPalembang, Ferdinan Octavian, mengatakan Guna memastikannya lebih lanjut spekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas, XL Axiata menyelenggarakan program khusus “Digi Race Competition 2019”.

Dengan mengundang para peserta dari kalangan pegiat media sosial independent yang intens memanfaatkan layanan data, XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi.

Ia menambahkan, tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan pertanyaan-pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Selain itu ada juga games yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix.

Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan games.

Untuk Palembang jelas Ferdinan, peserta diwajibkan mengunjung beberapa lokasi venue seperti pindang patin Mbok Dal Jakabaring, rumah malan Wong Palembang, Segara Cafe, kafe area 51 Gelora Sriwijaya Stadium, Pempek 888 Taman Kenten, South Station Resto, dan Awarding Night di Kampung Kapitan.

Ditambahkanya, penggiat sosial media yang akan menjadi peserta Digirace Palembang adalah Sesa Eryka, Wiguna Wimma, Dian Soediri, Nick, Lia Damayanti, Ari Anggara, Yani Azziran, Gumilar Darmawan, Lisa Anggra dan Fadhlan.

“Untuk para pemenang kita berikan hadiah uang untuk peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan Digi Race Competition 2019,”jelasnya, Minggu (01/12).

Sedangkan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, kegiatan ini untuk menunjukkan kepada pelanggan, jika XL Axiata terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang saat ini masih terus kami laksanakan di berbagai wilayah Sumatera Selatan, terutama Kota Palembang sebagai kota terbesar yang juga menjadi pusat berbagai aktivitas di provinsi tersebut.

Ia menambahkan, secara teknis fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Desy menjelaskan, program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

“Di wilayah Sumatera Selatan, fiberisasi jaringan telah terlaksana antara lain di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin, dan akan menyusul segera di kota/kabupaten lainnya,”katanya.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Sumatera, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

“Target XL Axiata secara nasional, hingga akhir tahun 2019 nanti 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70% pada akhir 2020,”ungkapnya.

Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau lebih dari 40% BTS dengan sebagian mencakup wilayah Sumatera. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

BI Tetapkan Bunga Acuan 4 Persen, Jaga Stabiltas Nilai Tukar Rupiah

Palembang, Detik Sumsel  – Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuannya di posisi 4 persen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *