Solusi Cepat Penyelesaian Skripsi dan Artikel Ilmiah Bereputasi ala Mahasiswa FST UIN RaFa

- Senin, 28 Maret 2022 | 19:21 WIB
Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi untuk menulis Karya Tulis Ilmiah baik itu Skripsi maupun artikel Jurnal Ilmiah bereputasi
Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi untuk menulis Karya Tulis Ilmiah baik itu Skripsi maupun artikel Jurnal Ilmiah bereputasi

Palembang, Detik Sumsel- Pada kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Raden Fatah Palembang yang dilaksanakan dari tanggal 28 sd 31 Maret 2022 ini.

Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi untuk menulis Karya Tulis Ilmiah baik itu Skripsi maupun artikel Jurnal Ilmiah bereputasi, menyalurkan kreativitas mahasiswa dalam menulis Karya Tulis Ilmiah berupa penyelesaian tugas akhir dan memfasilitasi mahasiswa dalam penyelesaian skripsi dan penulisan artikel jurnal ilmiah bereputasi.

Nara sumber pada kegiatan pelatihan dan pendampingan KTI mahasiswa ini diisi oleh pertama Dr. rer., nat., RisfidianMohadi, S.Si., M.Si., dari Program Studi Kimia Fakultas MIPA UNSRI, yang kedua H. Sony Oktapriandi, M.Kom., dosen Sistem Informasi Politeknik Sriwijaya Palembang.

Hadir dalam paembukaan acara ini Dekan Dr. Munir, M.Ag., Wakil Dekan 2 Dr. Delima Engga Maretha, M.Kes., IAFO., Wakil Dekan 3 Dr. Muhammad Isnaini, M.Pd., Kabag Tu, Kasubag, Kaprodi dan Sekretaris Prodi serta dosen dan tendik yang tergabung dalam kepanitiaan.

Dalam pembukaan dekan menyambut baik kegiatan seperti ini karena kegiatan seperti inilah yang harus sesering mungkin dilakssnakan yang merupakan progress percepatan penyelesaian mahasiswa, dan mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber karena telah bersedia membimbing mahasiswa kami terutama yang ikut dalam acara ini angkatan 2018 dan 2019. Ketua pelaksana kegiatan ini Novita Sari, S.Pt., M.Biotek menjelaskan bahwa mahasiswa dilingkungan FST UIN Raden Fatah kekurangan infomasi tentang cara-cara menulis karya ilmiah, terutama untuk menulis artikel ilmiah pada jurnal. Kurang informasi terhadap hal itu mengakibatkan para mahasiswa sulit dalam menyelesaikan studi tepat waktu.

Rendahnya tingkat pengetahuan mahasiswa semester akhir dalam proses penyelesaian studi tersebut disebabkan oleh faktor kelemahan mahasiswa dalam penyusunan karya tulis, yang tidak memenuhi persyaratan minimal sebagai karya ilmiah. Kurangnya motivasi untuk menulis dan minimnya pengetahuan aspek-aspek teknik menulis karya ilmiah secara benar menyebabkan para Mahasiswa di FST UIN Raden Fatah kesulitan dalam menyelesaikan studinya dengan cepat.

Kegiatan kolaborasi antara Dosen dengan pengurus DEMAF FST ini diikuti sebanyak 65 orang yang terdiri dari 3 Prodi yaitu Biologi, Kimia dan Sistem Informasi dan beberapa dosen muda yang berpartisipasi dan penambahan wawasan penulisan karya ilmiah bereputasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem penerimaan teori 6 jam dan praktik penulisan KTI 18 jam sehingga keseluruhannya 24 jam yang akan menghasilkan proposal penelitian yang sudah siap untuk diajukan ke prodi masing-masing dilingkungan FST. (Ril)

Editor: Jamaluddin

Tags

Terkini

X