Iklan
Pemprov

UIN RAFA Susun Strategi Reputasi Jurnal Ilmiah

Detik Sumsel– Salah satu poin penting civitas akademika menjalankan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikirannya kepada masyarakat secara luas, dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan jurnal merupakan bagian dari ujung tombak terelisasi Tridarma itu.

Perihal tersebut disampaikan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, M.Si dalam sambutannya dalam acara Sosialisasi dan Pengarahan Pengelola Jurnal yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Ma­syarakat (LP2M) di Gedung Teater Lantai 4 Rektorat Kampus B Jakabarin. Senin, (26/4/2021).

“Publikasi yang berkualitas dan terindeks akan mempengaruhi reputasi dan visibilitas perguruan tinggi. Maka perlu komitmen bersama antara pimpinan dan pengelola jurnal untuk saling sinergi mewujudkan lembaga jurnal se-lingkungan UIN Raden Fatah terakreditasi,” ungkap Prof. Dr. Nyayu.

Baca Juga :   Renny Astuti Ajak Masyarakat Banyuasin Manfaatkan Potensi Ikan

Lebih lanjutnya Prof. Nyayu menambahkan menjadi pengelola jurnal sebuah pekerjaan yang sangat strategis dan setiap pengelola jurnal terus berupaya mewujudkan jurnal terindeks nasional dan internasional. Karena itu, secara kelembagaan juga akan memberikan apresiasi kepada pengelola jurnal.

Senada dengan itu, Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Adil, M.A juga menyebutkan pertemuan ini bukan sebatas berbagi motivasi, tapi juga akan menyinggung soal kesejahteraan bagi pengelola jurnal. Penghargaan resmi seperti honor ataupun tunjangan resmi dari perguruan tinggi akan diberikan kepada pengelola jurnal nantinya.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Dr. Abdul Hadi, M. Ag menghimbau para pengelola jurnal untuk mengajukan Term of  Reference (TOR) dan draf kebutuhan anggaran guna memudahkan realisasi dan pertanggung jawaban nantinya.

Baca Juga :   Gelar Rajernis TA 2019

Hingga tahun 2021, UIN Raden Fatah telah memiliki 58 jurnal ilmiah  yang tersebar dari tingkat program studi, fakultas, lembaga penelitian dan pengabdian, serta program pasca sarjana. Dari jumlah tersebut sebanyak 27 jurnal  terakreditasi Science and Teknologi Index (Sinta) Kementerian  Riset Teknologi dan  Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Ma­syarakat (LP2M), Prof. Dr. Paisol Burlian, M. Hum mengatakan, perbaikan mutu jurnal juga masuk dalam rencana strategi (Renstra), dan LP2M juga akan bersinergi dengan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Raden Fatah.

“Koloborasi ini bagian dari usaha meningkatkan reputasi jurnal se-lingkungan UIN Raden Fatah ke dalam bahasa asing agar mendapat tempat di dunia internasional,” harap Prof. Paisol, di akhir kegiatan. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Prof Nyayu Dikukuhkan Jadi Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera

Padang, Detik Sumsel- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *