Iklan

Detik
Pemprov
UIN Raden Fatah Perbolehkan Mahasiswa KKN dari Rumah
Rektor UIN Raden Fatah, Prof HM Sirozi MA PhD

UIN Raden Fatah Perbolehkan Mahasiswa KKN dari Rumah

Palembang, Detik Sumsel – Guna memperlancar proses akademik mahasiswa, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengeluarkan kebijakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pandemi Covid-19.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof Dr HM Sirozi MA PhD mengatakan, kendati dimasa pandemi Covid-19, kegiatan akademik mahasiswa tetap berjalan dengan standar kesehatan agar tetap terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Ada tiga jenis KKN yang bisa dipilih mahasiswa di era pandemi, yakni KKN Dari rumah (KKN-DR), KKN Kerja Sosial (KKN-KS) dan KKN Relawan Wilayah,” ungkapnya, Rabu (17/6).

Dijelaskan, dalam pelaksanaan KKN tersebut, mahasiswa diperbolehkan memilih salah satu dari tiga jenis KKN yang tersedia dengan mengajukan surat permohonan kepada LP2M kampus untuk disetujui.

Baca Juga :   Pengamat: Warga Jangan Takut

“Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan melaksanakan KKN secara mandiri sendiri-sendiri di wilayah masing-masing dengan tetap mentaati protokol kesehatan pemerintah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang, Syferiyeni mengatakan, tiga jenis KKN tersebut merupakan program KKN angkatan 73 masa pandemi Covid-19 tahun 2020. KKN-DR sendiri merupakan kegiatan yang memberikan penguatan kesadaran, penguatan dan kepedulian terhadap pandemi Covid-19.

“Untuk KKN-KS sendiri merupakn kegiatan yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di masyarakat dengan bekerjasama resmi dengan kementerian, gugus Covid-19 dan lembaga yang telah ditetapkan pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga :   Revolusi Industri 4.0 Jadi Tantangan Alumni

Ditambahkannya, untuk KKN Relawan Wilayah merupakan kegiatan yang bisa dilakukan di desa maupaun di kota. Dalam hal ini mahasiswa terlibat dalam hal-hal bersifat pelayanan dimasa pandemi Covid-19 seperti bagi-bagi sembako, handsanitaizer, masker, hasil sumbangan masyarakat tertentu dan lain sebagainya.

“Mahasiswa tentunya tetap bekerjasama dengan aparat pemerintah setempat, baik RT, Lurah, kades di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” tegasnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan KKN berbasis pandemic Covid-19 sendiri akan dilaksanakan pada 15 Juni hingga 24 Juli 2020. (tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Perketat Penjualan Daging Sapi Jelang Lebaran

Lahat, Detik Sumsel – Momentum hari lebaran, permintaan daging sapi selalu meningkat. Bahkan, jumlah permintaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *