Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Musi Banyuasin
Beranda Kesehatan Turun Kelas BPJS Kesehatan, Ini yang Harus Diperhatikan

Turun Kelas BPJS Kesehatan, Ini yang Harus Diperhatikan

Tanggal : Pukul :
5971
0
Ilustrasi

Palembang, Detik Sumsel- Kenaikan biaya BPJS Kesehatan yang akan dimulai pada Januari 2020 mendatang membuat sejumlah warga yang menjadi peserta BPJS Kesehatan memilih turun kelas. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa turun kelas BPJS Kesehatan tersebut.

Kabid SDM dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Palembang Hendra Kurniawan mengatakan, untuk bisa pindah ataupun turun kelas kepesertaan BPJS Kesehatan ada beberapa hal yang harus dipenuhi dan diperhatikan. Diantaranya, peserta yang bisa pindah kelas ataupun turun kelas minimal sudah terdaftar satu tahun menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Baca Juga :   Minta Perbankan Manfaatkan Tiga Event Internasional di Sumsel

“Peserta yang melakukan perubahan kelas perawatan pada bulan berjalan, maka kelas perawatan barunya berlaku pada bulan selanjutnya,” terangnya.

Kemudian, untuk bisa pindah kelas ada beberapa cara yang bisa dilakukan yakni bisa melalui aplikasi mobile JKN melalui android dan juga bisa mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan Cabang terdekat.

“Syarat yang harus dibawa yakni Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu BPJS Kesehatan, Mengisi Formulir Perubahan Data Peserta yang bisa anda peroleh di kantor BPJS Kesehatan terdekat, dan Tidak ada tunggakan iuran,” jelasnya.

Baca Juga :   Wisma Atlet Jakabaring Jadi Tempat Penampungan ODP Virus Corona

Hendra menambahkan, pasca beredar isu biaya kepesertaan BPJS Kesehatan bakal naik beberapa waktu lalu sudah banyak warga Palembang khususnya yang minta turun kelas. “Sudah dari bulan September lalu banyak warga yang turun kelas BPJS Kesehatan, relatif mereka turun kelas menjadi kelas 2 dan kelas 3,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini terdata di kota Palembang masih ada sekitar 80.610 orang yang belum terdaftar BPJS Kesehatan. “Kalau yang sudah terdaftar ada sebanyak 1.511.638 orang, kalau di persentase kan sudah 95 persen warga Palembang terdaftar BPJS Kesehatan,” pungkasnya.(fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here