Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Tugu Mulyo OKI Nominasi Desa Terbaik di Indonesia

Tugu Mulyo OKI Nominasi Desa Terbaik di Indonesia

Tanggal : Pukul :
1005
0
Istimewa

Kayuagung, Detik Sumsel — Desa Tugu Mulyo, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dipastikan mewakili Provinsi Sumsel dalam nominasi 33 desa terbaik di Indonesia berdasar pengukuran dalam nilai Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2018.

Keputusan ini berdasar Surat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan nomor surat 1143/Hm.07/XI/2018 tanggal 9 November 2018 tentang pemberitahuan 33 daerah yang berhak menerima penghargaan desa terbaik dari Kementerian Desa, PDT.

“Alhamduillah dari 33 desa yang masuk kategori terbaik di Indonesia, Desa Tugu Mulyo ada diurutan ke delapan belas,” kata Kades Tugu Mulyo, H Irfandi, Senin (26/11).

Menurut dia, transparansi dan musyawarah mufakat menjadi kunci dirinya mampu menoreh prestasi ditingkat nasional.

“Intinya dalam membangun desa, kami utamakan keterbukaan dan melibatkan masyarakat. Apalagi dalam hal penggunaan dana desa harus transparan dan partisipatif,” jelasnya.

Penghargaan yang diraih ini, kata H Irfandi, bukan hanya berkat kerja keras dari jajaran staf Desa Tugu Mulyo. Namun dari seluruh lapisan masyarakat dan dukungan pemerintah daerah.

“Yang dinilai sangat banyak, kami tak menyangka bisa masuk nominasi. Ya, Tugu Mulyo dapat penghargaan desa terbaik,” ujarnya.

Berdasarkan surat Kemen Desa PDT penghargaan akan diserahkan pada 29 November mendatang di Jakarta.

Desa Tugu Mulyo merupakan salah satu desa berkembang di OKI. Desa ini mampu melakukan pembangunan yang merata. Dana desa (DD) dari pemerintah pusat dimanfaatkan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD OKI, Hj Nursula, S. Sos menambahkan penghargaan kepada Desa Tugu Mulyo jadi motivasi bagi desa lain di OKI untuk memanfaatkan DD dengan baik.

“Semoga desa lain bisa ikut menorehkan prestasi. Karena sebuah prestasi yang diraih akan membanggakan bagi desa itu sendiri,” ucapnya.(Iyan)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here