Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Tampak jalan servo, jalan khusus yang belum dilintasi angkutan batubara. Foto Heru/DS

Truk Batubara Stop Beroperasi, Ini Reaksi Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Sejak dilarangnya angkutan batubara melintasi jalan umum, warga di Kecamatan Merapi Area gembira bukan kepalang. Pasalnya sejak Kamis (8/11) ribuan angkutan batubara di Lahat, terpaksa tiarap (terparkir red). Tidak berani melawan aturan tegas dari Gubernur Sumsel itu.

“Terima kasih pak gubernur, kami sudah lama resah dengan angkutan batu-bara ini. Anak cucu kami sudah banyak yang jadi korban, rumah kami sudah tebal oleh debu,” ujar Indrawan, warga Merapi, Kamis (8/11).

Kondisi ini rupanya ditanggapi lain oleh pemilik transportir truk batubara. Seperti yang dituturkan Igus Toni, transportir CV Kartamuda. Sejak diberlakukanya pelarangan melintas jalan umum, 50 unit truk miliknya terpaksa dikandangkan. Kondisi tersebut, memaksa para sopirnya ikut dirumahkan.

Baca Juga :   Lauhan GB dan Cencu Paling Diminati

“Kalau kita sudah stop dari kemarin. Kalaupun harus melintas di jalan Servo milik PT Titan, sejauh ini belum jelas karena belum ada angkutan yang melintas dijalan itu,” tutur Igus.

Keluhan lain rupanya disampaikan oleh Eko, salah satu sopir truk yang terancam dirumahkan. Ia mengaku selama ini untuk membiayai hidup hanya bertopang menjadi sopir truk batubara. Dirinya bingung jika harus dirumahkan, bagimana menutupi kebutuhan hidup keluarganya.

“Sekali angkut hanya dapat uang Rp 200 ribu. Belum tahu sudah ini mau kerja apa, yang jelas kebutuhan hidup dan kebutuhan anak untuk sekolah sudah menunggu,” ungkapnya.

Baca Juga :   Lantai Dua Blok 46 Rusun Terbakar, Penghuni Lantai 3 dan 4 Ada yang Terjun

Disisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Lahat, Deswan Irsyad mengaku, pihaknya masih belum tahu apakah personilnya akan ditempatkan, untuk melakukan penjagaan agar tidak ada sopir truk batubara nakal yang nekat melintas.

“Pada prinsipnya kita mendukung kebijakan pak gubernur. Apapun yang dimintai bantuan oleh provinsi, kita siap,” ucap Deswan Irsyad. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Macam-Macam Efek Samping saat Uji Klinis Vaksin Covid-19

Detik Sumsel- Pandemi virus corona hampir menemui titik terang, yaitu dengan ditemukannya vaksin Covid 19. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *