Beranda Olahraga Tingkatkan Kualitas Wasit-Juri dan Pelatih, IPSI Palembang Gelar Penataran

Tingkatkan Kualitas Wasit-Juri dan Pelatih, IPSI Palembang Gelar Penataran

Tanggal : Pukul :
580
0
Panitia pelaksana penataran wasit-juri dan pelatih Pencak Silat dari IPSI Kota Palembang berfoto bersama.(istimewa)

Palembang, Detik Sumsel-Untuk meningkatkan kualitas sumber daya pengetahuan serta pemahaman wasit dan juri, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Palembang menggelar penataran di aula Hotel Azza 10-11 November 2018.

Ketua IPSI Kota Palembang Wiratama Yudha mengatakan, penataran wasit dan juri cabang olahraga (cabor) pencak silat  memang sangat dibutuhkan, seiring dengan perkembangannya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja IPSI Palembang dan rutin selalu digelar setiap tahun. Penataran serupa memang membutuhkan pemahaman yang cukup tinggi, karena disinilah dasarnya. Oleh sebab itu, wasit-juri dan pelatih harus senantiasa meningkatkan kualitasnya,”ujarnya disela-sela pembukaan, Sabtu (10/11).

Baca Juga :   390 Atlet Ikuti Kejuaraan IPSI Cup Kota Palembang 

Dia menjelaskan, selain meningkatan kualitas dasar, melalui  penataran tersebut diharapkan dapat melahirkan wasit dan juri baru. Demi kemajuan Pencak Silat di Palembang khususnya dan Indonesia umumnya.

“Penataran ini merupakan bentuk dasar pengetahuan dan standarisasi bagi atlet untuk meraih prestasi yang lebih baik, di kejuaraan yang lebih tinggi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana M Isrok mengatakan, penataran yang diikuti oleh 45 wasit-juri dan 20 pelatih dari 25 perguruan tersebut, tidak hanya diikuti oleh peserta dari Palembang. Namun juga dari negara tetangga Singapura.

“Dalam pelatihan ini, peserta diberikan berbagai materi diantaranya, kode etik wasit-juri dan pelatih, peraturan pertandingan pencak silat, teori/penilaian kategori tanding dan TGR (tunggal ganda regu), dasar-dasar kepelatihan pencak silat dan sebagainya,”terangnya.

Baca Juga :   390 Atlet Ikuti Kejuaraan IPSI Cup Kota Palembang 

Adapun pemateri yang hadir salah satunya yakni H Deni Akbar, wasit juri PB Persinas Asad (record wasit juri Asian Games 2018). Maupun perwakilan dari KONI Sumsel Ir Samsuramel, serta dari IPSI Kota Palembang Jafro Sani.

“Dari hasil penataran ini, peserta akan mendapat sertifikat khusus. Bahkan tiga wasit-juri dan pelatih terbaik, akan langsung turun praktik di kejuraan IPSI Cup (12/11) mendatang di Atrium Opi Mall,” pungkasnya.(iyop)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here