Iklan
Pemprov
Sejumlah pemuda se Sumsel mengikuti pelatihan di Gedung Diklat Teluk Gelam OKI, sebelum diberangkatkan ke Jepang, Senin (7/6/2021)

Tingkatkan Kualitas SDM Terampil, Pemkab OKI Bekali Pemuda Dengan Pelatihan

Kayuagung, Detik Sumsel-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini memfokuskan diri pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya tenaga kerja terampil melalui program pemagangan ke Jepang.

Sebanyak 30 pemuda-pemudi terpilih se Sumsel mengikuti pelatihan di Gedung Diklat Teluk Gelam OKI, sebelum diberangkatkan ke Jepang.

Selain gaji yang besar, pengiriman tenaga magang ke negeri Sakura ini juga untuk pembenahan etos serta keterampilan kerja mampu jadi modal pemuda OKI untuk berwirausaha.

Hal tersebut disampaikan Bupati OKI H Iskandar, SE., melalui Asisten Bidang Umum dan Administrasi Setda OKI HMcLubis, S. KM, saat membuka pelatihan bagi tenaga kerja magang yang akan diberangkatkan ke Jepang pada Senin (7/6/2021).

Baca Juga :   Donor Darah di HUT ke 70 Tahun Polairud, Pendonor Di Rapid Test

“Program ini sangat disenangi karena bisa menimba ilmu dan pengalaman langsung di Jepang sehingga mereka bisa menjadi tenaga kerja terlatih,” tutur Lubis.

Program G to G antara pemerintah Jepang dan pemerintah RI ini memiliki beberapa keunggulan, seperti tersedianya jaminan penempatan dan perlindungan, dilatih baik di daerah maupun di pusat.

“Untuk pelatda Sumsel di pusatkan di Teluk Gelam sementara pelatihan nasional di Bekasi sebelum diberangkatkan ke Jepang,” tambah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OKI S Sudiyanto Dja’far.

Baca Juga :   Obati Rasa Kangen Songketer, Songket Reborn Keluarkan Album Anyar

Peminat magang ke Jepang ini, lanjut Sudiyanto, cukup banyak setiap tahunnya. Namun kebanyakan peminat terkendala kemampuan bahasa asing yang masih di bawah standar kecakapan minimal.

“Persoalan itu menjadi perhatian tersendiri bagi calon pekerja ke Jepang agar kemampuan bahasa asing disiapkan jauh-jauh sebelum mendaftarkan diri,” pesannya.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kurir COD Tidak Bertangung Jawab Atas Isi Kiriman

Palembang, Detik Sumsel – Banyaknya konsumen yang melakukan kekerasan terhadap kurir pengiriman barang Cash Operational …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *