Detik
Pemprov

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Samsat Palembang Luncurkan Stiker Lunas Pajak

Palembang, Detik Sumsel – Untuk lebih meningkat kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor, Samsat Palembang meluncurkan stiker tanda lunas pajak.

Stiker ini hanya berlaku selama 1 tahun dan stiker ini mengunakan pengamanan ekstra di stiker tersebut. Jadi stiker itu bisa mengintifikasi nomor kendaraan dan asal kendaraan tersebut dan hanya bisa dilakukan pada saat notifikasi pembayaran pajak.

Gubernur Propinsi Sumatera Selatan, Herman Deru meminta agar layanan pembayaran pajak kendaraan ditingkatkan agar masyarakat mau dan sadar membayar pajak.

“Kalau masyarakat bayar pajak, maka pembangunan juga bisa lancar karena pajak kendaraan langsung masuk kas Pemerintah Daerah dan diolah lagi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Herman Deru, saat meresmikan pemasangan stiker tanda lunas pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Bersama Samsat A Rivai, Jumat (26/02).

Baca Juga :   Perekonomian Sumsel Masih Bergantung pada Sektor Primer

Herman Deru menambahkan, jika peluncuran stiker tanda lunas ini merupakan yang pertama di Indonesia dan juga sebagai reward kepada wajib pajak karena jelas terlihat bahwa mereka taat pajak.

Sebab selama ini tidak tahu apakah kendaraan yang digunakan sudah membayar pajak atau tidak sebab plat kendaraan hanya bisa melihat masa berlaku pajak lima tahun saja bukan pajak tahunan.

Herman Deru juga memerintahkan agar pemasangan stiker tanda lunas pajak kendaran bermotor ini juga langsung diterpakan oleh semua kendaraan dinas dan aparat pemerintah mulai tingkat RT hingga kendaraan dinas pemerintah kabupaten kota dan Provinsi Sumsel sebagai contoh nyata taat membayar pajak ke masyarakat.

Baca Juga :   SBS Raih Juara 3 Nominasi Makalah Terbaik PERHAPI 2019

Kalau sudah ada contoh maka masyarakat juga akan bersemangat membayar pajak dan bangga taat membayar pajak karena ikut membangun daerah.

Stiker tanda lunas pembayaran pajak kendaraan bermotor ini berbasis teknologi QR code yang berisikan informasi seperti nomor plat kendaraan, tanggal jatuh tempo, lokasi pembayaran dan lokasi asal kendaraan.

Sementara itu Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel (BSB), Mustakim mengatakan BSB mensupport penuh pemerintah dalam penanganan pajak dengan melakukan penyetoran pajak pada Bank Sumsel Babel karena langsung masuk rekening pemerintah daerah.

“Pajak yang dibayar masyarakat langsung masuk kas pemerintah daerah sehingga menekan kebocoran dan juga memudahkan pencatatannya karena langsung terdata secara sistem,” ujar Mustakim.(May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Maya

Avatar

Check Also

Tingkatkan Jaringan Hingga 200 Persen, Selama Ramadhan

Palembang, Detik Sumsel – Memanjakan pelanggan setia selama Ramadhan, XL Axiata selain menghadirkan berbagai promo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *