Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Hari Guru
Tim advokasi Ilyas Panji Alam, Erik Ekstrada SH menunjukkan bukti laporan dugaan kasus pencemaran nama baik yang dilakukan oleh MY

Tim Advokasi Ilyas Panji Alam Laporkan MY Dugaan Kasus Pencemaran Nama Baik

Palembang, Detik Sumsel — Merasa nama baiknya telah dicemarkan. Membuat calon bupati Ogan Ilir (OI), Ilyas Panji Alam melalui tim advokasinya Erik Ekstrada SH melaporkan MY ke Polda Sumsel Jumat (30/10).

Erik Ekstrada SH mengatakan pihaknya melaporkan MY ke Polda Sumsel atas dugaan pidana Pasal 310 KUHP tentang dugaan pencemaran nama baik. Atas dugaan pencemaran nama baik itulah yang membuat Ilyas Panji Alam dan Endang PU diskualifikasi dari KPU Ogan Ilir dan Bawaslu Ogan Ilir.

“MY adalah Wakil Gubernur Sumsel yang kami laporkan karena pada 15 Oktober 2020 lalu di Desa Meranjat Ogan Ilir, adanya kisruh diskualifikasi Paslon Ilyas dan Endang PU oleh KPU dan Bawaslu. Saat itu MY memberikan sambutan di acara pernikahan warga mengatakan jika Paslon yang didiskualifikasi ini didasari pelanggaran penggunaan dana Bansos. Padahal faktanyakan bukan itu,” kata Erik, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga :   Anak di Cabuli Kekasih, Wanita ini lapor Polisi

Dikatakan Erik pernyataan itu disampaikan MY dimuka umum, sehingga kliennya merasa diserang martabatnya atas tuduhan MY yang menyampaikan jika kliennya melakukan pelanggaran dana Bansos. “Untuk itulah kami laporkan MY hari ini, karena diskualifikasi itu bukan karena dana Bansos,” tegasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum terlapor Firdaus Hasbullah SH MH saat dikonfirmasi mengatakan pada dasarnya setiap orang berhak untuk melapor. ” Kami sebagai tim kuasa hukumnya akan siap jika diminta klarifikasi terkait laporan tersebut oleh penyidik,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya baru mendengar laporan tersebut dan laporan tersebut baru dilaporkan hari ini. “Yang kami tahu laporannyo itu tentang pasal 310 KUHP, tapi belum tahu tentang apa. Tapi kami pasti siap mendampingi. Jika tidak terbukti kami siap lapor balik,”ujarnya.

Baca Juga :   Anggota Lanud SMH Kerja Bakti Bersama Warga Kelurahan Talang Betutu

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi membenarkan adanya laporan dari Tim kuasa hukum Ilyas Panji Alam laporannya sudah diterima oleh petugas SPKT Polda Sumsel.

“Laporan pelapor tentunya akan dilakukan penyelidikan untuk mengecek kebenaran dari laporan tersebut,” katanya saat dihubungi.

Selain itu lanjutnya, penyidik juga akan melakukan klarifikasi. Sebab unsur pidana pencamaran nama baik ini harus dilakukan di depan khalayak ramai. “Apabila dari hasil penyelidikan terbukti adanya dugaan pidananya, tentunya kita proses sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

Laporan pelapor yang diterima petugas SPKT Polda Sumsel dengan bukti Surat Tanda Terima Laporan Polisi Nomor: STTLP/828/X/2020/SPKT Polda Sumsel.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Fauzi

Avatar

Check Also

Anak Wagub Sumsel Kritik Perjalanan Dinas Ilyas Panji Alam

Indralaya, Detik Sumsel- Calon Bupati Ogan Ilir (OI) Nomor 1 Panca Wijaya Akbar yang merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda