Iklan
Pemprov
Mantan Kades Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Antoni (43) digiring Kejari Lahat, Foto Istimewa.

Tilep Dana Desa, Mantan Kades Perangai Dijebloskan ke Penjara

Lahat, Detik Sumsel – Mantan Kepala Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan periode 2013 -2018, Antoni (43) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh tim Kejaksaan Negeri Lahat. Antoni dijerat atas kasus korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2018, dengan nilai kerugian negara diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Kejaksaan Negeri Lahat, Fithrah SH MH, melalui Kasi Intel Kejari Lahat, Faisal Basni SH didampingi Kasi Pidsus Kajari Lahat, Anjasra Karya SH mengungkapkan mantan Kades tersebut telah resmi menjadi tersangka dan kasusnya kini dalam status penyidikan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan terhadap 10 saksi memang ada temuan.

Baca Juga :   Pemkab Lahat Tunggu Instruksi Mendagri

“Seharusnya Dana Desa (DD) yang tertuang dalam APBDes digunakan untuk pembangunan jalan setapak sepanjang 200 Meter, laporan terealisasi hanya 160 meter. Kemudian fasilitas kesehatan posyandu pun tidak dibangun,” ungkapnya, Kamis (22/3).

Untuk diketahui tahun 2018 lalu, Desa Perangai mendapatkan kucuran dana dari APBN sebesar Rp 964 juta. Saat itu, tersangka mencairkan anggaran pada tahapan 1 sebesar Rp 560 juta, yang bakal digunakan untuk pembangunan sesuai pada APBDes. Namun, pelaksanaan di lapangan dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi.

Baca Juga :   Sebulan, Polres OKU Timur Tangkap 11 Pelaku Kejahatan

“Tersangka mengakui kalau uang itu digunakan untuk pendanaan kampanye dirinya pada pilihan legislatif (Pileg),” terang Anjasra.

Disinggung total kerugian negara pada kasus tersebut, Anjasra mengatakan belum mengetahui angka pasti, masih dalam tahapan perhitungan oleh Inspektorat Lahat. Namun tersangka saat ini sudah menjadi tahanan Lapas Kelas IIA Lahat.

“Kita masih melakukan penyidikan lebih lanjut untuk pelimpahan ke Polres Lahat,” katanya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Sidang Paripurna Istimewa HUT Pagaralam ke-20 Berlangsung Hikmad

Pagaralam, Detik Sumsel – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pagaralam ke 20 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *