Detik
Pemprov
Angga Anugrah Putra selaku Head Ovf Users and Cibtent Operations TikTok Indoenesia, dr Yessica saat zoom bersama media (maya/detiksumsel.com)

TikTok Ajak Kreator Berbagi Edukasi dalam Kompetisi #TiktokPintar

Palembang, Detik Sumsel –  TikTok, platform distribusi video singkat, melanjutkan program edukasi #SamaSamaBelajar dengan mengadakan kompetisi #TikTokPintar selama bulan Oktober 2020.

Pada kompetisi berhadiah ratusan juta ini, para kreator ditantang untuk menghasilkan konten edukasi yang berkualitas dalam berbagai tema seperti pengetahuan umum, bahasa asing, fakta seru, motivasi, bisnis, tips dan tutorial, DIY, life hacks serta IPTEK.

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang besar terutama kepada generasi muda. Dilansir dari laporan Deloitte Global Millennial Survey 2020, lebih dari 70% millenial dan Gen Z mengatakan bahwa pandemi telah menginspirasi mereka mengambil langkah positif dan memiliki tekad untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Hal ini tercermin di pesatnya konten berbasis edukasi di TikTok yang mendapatkan tontonan lebih dari 20 miliiar views untuk tagar #SamaSamaBelajar.

Angga Anugrah Putra selaku Head Of Users and Cibtent Operations TikTok Indoenesia menjelaskan, semakin banyaknya konten edukasi di TikTok berpengaruh kepada keberagaman kreator serta konten yang ada di TikTok.

“Oleh karena itulah, kita berkomitmen untuk selalu mendukung perkembangan kualitas kreator, melalui tips dan juga kompetisi yang mendorong mereka untuk menghasikan konten yang semakin bagus dan informatif,” katanya, Selasa (13/10).

Baca Juga :   Bupati Muba Luncurkan Paket konversi BBM ke BBG bagi 1.036 Nelayan

Ditambahkanya Beberapa tips yang dapat diterapkan oleh kreator untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas di TikTok antara lain membuat video yang menonjol dengan menggunakan tampilan vertikal, caption video yang menarik dan bisa menambah konteks video, memakai efek kreatif, efek suara, serta musik yang sedang trending.

Angga memastikan, bila Tik-tok ini berbeda dengan media sosial sepertu Whatsapp yang juga memghadirkan konten seperti ini.

“Karena di Tiktok, bila share satu video bisa dilihat orang lebih besar lagi bila dibandingkan WA, kalau WA yang merespon video yang dikirimlan sesuai dengan jumlah  pengikut kita,” ungkapnya.

TikTok juga mendorong kreator untuk bereksperimen dan pelajari video seperti apa yang mendapatkan paling banyak engagement dan buat konten serupa lebih banyak lagi, dan juga mengikuti tantangan atau tagar yang sedang ramai diikuti.

Baca Juga :   Ayo Nikmati Shaburista di The Arista Hotel

Informasi-informasi seputar kedokteran sangat mudah terjadi distorsi dan misinformasi bila diberikan secara tidak tepat.

Seperti yang dilakukan dr. Yessica atau dikenal dengan Dr. Ziee yang merupakan salah satu kreator edukasi di TikTok. “Dengan menggunakan fitur lagu dan mengikuti berbagai challenge yang sedang trend di TikTok, saya bisa menyampaikan tips-tips seputar kesehatan kulit dan estetika dengan format yang mudah dipahami dan tepat,”katanya.

Kompetisi #TikTokPintar yang saat ini sedang belangsung, dapat menjadi ajang untuk kreator menunjukkan kreativitasnya dan meningkatkan kualitas videonya.

Untuk mengikuti kompetisi ini, pengguna TikTok dapat mengunggah konten berdurasi 15-160 detik dengan tema pengetahuan umum, bahasa asing, fakta seru, motivasi, bisnis, tips dan tutorial, DIY, life hacks dan IPTEK.

Pengguna disarankan menggunakan berbagai fitur kreatif dari TikTok dan menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #TikTokPintar pada caption videonya. Kompetisi dimulai sejak tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober 2020 dengan hadiah total senilai Rp 400 juta dan hadiah menarik lainnya untuk para pemenang kompetisi.(may)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Maya

Avatar

Check Also

Tips Aman Memilih Situs Pinjaman Online

Palembang, Detik Sumsel – Ramainya pinjaman online, ternyata turut menyita perhatian masyarakat. Terlebih tak sedikit, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *