Gran Fondo
KPUD Lahat saat memberikan keterangan pers kepada detiksumsel.com

Tiga Mantan Napi, Lolos DCT Pileg Lahat

Lahat, Detik Sumsel — KPUD Lahat menetapkan, sebanyak 538 nama resmi ditetapkan sebagai daftar calon legislatif tetap (DCT) yang akan bertarung pada Pileg 2019 mendatang. Diantaranya 347 orang caleg laki-laki, dan 191 caleg perempuan atau 35,86 persen. Tiga diantaranya merupakan napi tahanan narkoba.

“Pandriadi dari Partai Demokrat, Dapil 2 nomor urut 4. M Alldo dari PKS, Dapil 1 nomor 7, dan Herliansyi dari Partai Nasdem, Dapil 5 nomor 5. Ketiga napi ini divonis sebagai pemakai, mereka sudah mengikuti sesuai aturan PKPU,” terang Ketua KPUD Lahat Samsurizal Nusir, Jumat (21/9).

Sementara, Komisioner KPU, Dwi Larasati menjelaskan, jumlah DCT tersebut tetap sama dengan jumlah Daftar Calon Sementara (DCS) sebelumnya. Tidak ada caleg yang dinyatakan tidak lulus, hanya saja ada tiga caleg wanita yang digantikan, dan satu caleg laki-laki yang mengundurkan diri.

Baca Juga :   Penutupan TMMD Bakal Lebih Semarak

Diantaranya, dari Partai Nasdem, Hutriani SE Dapil 5 nomor urut 6, digantikan Indalillah. Dari PPP, Herliana Amd Dapil 1, nomor urut 3 diganti Yona Veronica Amd. Dari Partai Berkarya, Nia Maya Sari, Dapil 3, nomor urut 4 digantikan Devi Herlina. Sedangkan Arpinsyah dari Dapil 5, mengundurkan diri.

“Untuk tiga perempuan itu alasannya mengundurkan diri, bisa digantikan orang lain karena harus mencukupi kuota keterwakilan perempuan. Untuk Partai Berkarya di dapil 5 dipastikan berkurang , sebelumnya sembilan caleg jadi delapan caleg,” jelas Dwi Larasati.

Baca Juga :   Warga Lebak Beriang Nikmati Jalan Cor

Lanjutnya, untuk Lahat sendiri ada 5 dapil dengan 40 kursi. Dapil 1 ada 10 kursi. Dapil 2, 6 kursi. Dapil 3, 7 kursi. Dapil 4, 8 kursi dan Dapil 5 ada sembilan kursi. Dari 16 partai politik hanya 15 yang mendaftarkan calegnya. Sementarra PSI Lahat tidak ikut serta. Partai yang 100 persen mengirimkan caleg ialah dari PKB, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, dan Demokrat.

“Untuk PBB dan Gerindra, mengirimkan 39 caleg, Partai Berkarya 36 caleg, Garuda 15 Caleg, dan PKPI hanya 9 caleg mengisi dua Dapil saja,” terangnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Update COVID-19 Muba: Nihil Penambahan Kasus

Sekayu, Detik Sumsel – Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Minggu (29/11) mengkonfirmasi nihil penambahan kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *