Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Maulid Nabi Muhammad SAW
Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kegiatan Sosialisasi Bantuan Ekonomi Produktif BRG di Hotel Amaris, Senin (10/09).

Tiga Kabupaten di Sumsel Alami Kerusakan Lahan Gambut Parah

Palembang, Detik Sumsel – Melalui sosialisasi kegiatan bantuan ekonomi produktif, Badan Restorasi Gambut (BRG) akan memberikan bantuan ke tiga kabupaten di Sumatera Selatan yang dianggap mengalami kerusakan lahan gambut paling parah.

Dalam memulihkan lahan gambut tersebut, BRG berencana untuk menjalan program 3R kepada tiga kabupaten tersebut, yakni Kabupaten OKI, Kabupaten Muba, serta Kabupaten Banyuasin.

“3R yang akan kita galakan kepada tiga kabupaten tersebut yaitu Rewetting yaitu pembasahan gambut kembali, Revegetation serta Revitalization,” ujar Deputi II Badan Restorasi Gambut, Soesilo Indrarto dalam kegiatan sosialisasi bantuan ekonomi produktif BRG di Hotel Amaris, Senin (10/09).

Ditambahkannya, dalam program Revitalization, Badan Restorasi Gambut akan memberilan bantuan uang untuk 16 kelompok masyarakat (pokmas) di tiga kabupaten tersebut.

Menurutnya, ada tiga provinsi di Indonesia yang memiliki lahan gambut yang rusak, yakni Jambi, Sumsel dan Riau. Hal tersebut membuat Sumsel masuk dalam program pemulihan lahan gambut.

Baca Juga :   HMI dan PII Palembang Kolaborasi Gelar Palembang Informal Meeting

“Untuk program Revitalization, R3 tergantung dari kebutuhan berbasis lahan untuk pengembangan ramah lingkungan misalnya membuat perkebunan nanas, jahe, perikanan serta petenakan bebek ataupun itik,” tambahnya.

Lanjutnya, pemberian bantuan kepada tiga kabupaten tersebut akan diberikan paling lambat bulan Oktober. “Di sana akan diperbantukan uang Rp 100 hingga 200 juta, dan ini akan digulirkan tergantung usulan kegiatan Pokmas. Dalam sosialisasi inilah kita ingin mengetahui Pokmas akan membuat program apa dan berapa biaya yang dibutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Perusakan dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumsel, Ir Handeli Ugihan Msi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sosilaisasi peningkatan ekonomi produktif di Kawasan Hidrologis Gambut (KHG).

Baca Juga :   Polsek Ini Sampaikan Pesan Kamtibmas Disela Pembagian Takjil

“Ada tiga kegiatan yang masuk di kegiatan restorasi gambut, yakni Prewetting untuk pembasahan sehingga lahan gambut tidak mudah terbakar, yaitu di lahan gambut Muba, Banyuasin, dan OKI,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, ketiga daerah tersebut merupakan sumber kebakaran hutan dan lahan, dengan kegiatanya melalui kanal-kanal yang mengeringi gambut di bendung atau dibloking.

Sedangkan program kedua melalui Revegetation yaitu melakukan penanaman kembali lahan gambut. “Lahan gambut yang terbakar ditanami tanaman kayu lokal disesuaikan kondisi lahan,” imbuhnya.

Sementara, untuk program ketiga, Handeli mengatakan, akan dilakukan melalui program restorasi ketiga yaitu Revitalization dengan pemberdayaan masyarakat serta menumbuhkembangkan perekonomin masyarakat disekitar lahan gambut.

“Kebakaran gambut selama ini berdasarkam kajian karena aktivitas masyarakat, buka lahan untuk berkebun, mencari ikan dan lainnya,” pungkasnya. (Wira).

 

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Betta Agri

Betta Agri

Check Also

Maknai Hari Sumpah Pemuda Melalui Kegiatan Gowes Bersama

Palembang, Detik Sumsel – Pemerintah kota Palembang melalui Sekretaris Daerah kota Palembang, Ratu Dewa terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda