Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Tiga Desa di Lahat Masuk Bursah Inovasi Desa Nasional

Lahat, Detik Sumsel — Tiga desa di Kabupaten Lahat masuk dalam Bursah Inovasi Desa (BID) Nasional. Ketiga usaha desa tersebut melakukan inovasi menggunakan anggaran Dana Desa (DD). Dengan asas manfaat meningkatkan kesehatan dan pola hidup, serta menambah perekonomian masyarakat setempat.
Tiga desa itu diantaranya, Posyandu Lansia di Desa Tanah Pilih, Kecamatan Gumay Talang. Pengembangan dan Pengelolaan Destinasi Wisata Pelancu, melalui Bumdes di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat. Pembebasan Lahan untuk Embung melalui Musdes di Desa Penandingan, Kecamatan Mulak Ulu.
“Kita berharap tiga desa ini jadi contoh, bagi desa lain. Masih banyak inovasi lain yang bisa dilakukan desa, mulai di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), bidang Kewirausahaan dan Ekonomi, serta bidang Infrastruktur,” ujar M Syafriayansyah, Tenaga Ahli bidang Infrastruktur Desa, Rabu (5/9).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lahat, H Pauzan Khoiri mengatakan, cukup banyak potensi yang bisa dikembangkan. Namun sebagian besar adalah pariwisata, lantaran adanya keindahan alam, sejarah dan budaya. Juga bisa dibuat sendiri oleh desa, memanfaatkan kondisi desa.
“Target kita 80 persen dari 360 desa di Kabupaten Lahat, tahun ini sudah ada BUMDesa. Tinggal keinginan dan komitmen kades untuk melakukan inovasi,” katanya. (heru).
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Baca Juga :   Hindari Tumpukan Material, Mobil Heriyanto Hantam Satu Keluarga
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Timbun Gas Melon, Zamhari Ditangkap Polisi

Lahat, Detik Sumsel — Sulitnya mendapatkan LPG 3 Kg alias gas melon, imbas dari rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *