Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Kriminal Tidak Takut di Sengat Aliran Listrik, Ebit Embat Kabel di Gardu Listrik...

Tidak Takut di Sengat Aliran Listrik, Ebit Embat Kabel di Gardu Listrik Milik PLN

Tanggal : Pukul :
373
0
Kapolsek Ilir Barat II Kompol Agus Hairuddin merilis tersangka pencurian kabel di Gardu Listrik Milik PLN di Jalan Gelora, Kecamatan Ilir Barat II Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Seakan tidak takut kena setrum, dengan beraninya Ebit Sastra (38) bersama dua rekannya Denan (DPO) dan Bambang (DPO) Minggu (10/3) menyatroni gardu listrik milik PLN di Jalan Gelora, Kelurahan 32 Ilir untuk mencuri Kubikel LBS.

Namun aksinya diketahui warga sekitar dan laporan pihak PLN sehingga Ebit ditangkap dan diserahkan ke Polsek Ilir Barat II, sedangkan Denan dan Bambang berhasil kabur.

Ditemui di Mapolsek Ilir Barat II Ebit warga Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Lorong Kebon Gede I RT 35, RW 06 Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II ini mengaku hanya diajak oleh Denan dan Bambang kebetulan ia tidak ada kerjaan sehingga tergiur ajak tersebut.

“Saya, Denan (DPO) dan Bambang (DPO) pak. Kami berbagi tugas dan bergantian mengesek kabel dengan gergaji besi setelah putus kabel nya kami bawak keluar dari dari gardu. Kalau saya tidak tahu bagaimana setrum nya mati, karena Denan yang paham. Kalau kabel putih Alumunium itu sekilo nya 12 ribu, kalau besi 3900 sekilo nya, rencana mau dijual ke rongsokan,”kata Ebit Kamis (14/3).

Kapolsek Ilir Barat II Palembang Kompol Agus Hairuddin mengatakan tersangka Ebit ditangkap adanya laporan warga, dari laporan tersebut anggota langsung turun ke lokasi, satu jam baru beraksi mereka sudah tertangkap.

“Dua orang tersangka yang sudah kami kantongi identitas nya berhasil kabur, saat anggota datang ke TKP.,”ujarnya Kompol Agus Hairudin didampingi Kanit Reskrim, Ipda Hermansyah saat gelar perkara.

Modus yang digunakan pelaku membongkar delapan Kubikel LBS milik PLN, dengan menggunakan peralatan yang sudah disiapkan.

“Bayangkan jika pencurian kabel digardu PLN berhasil mereka lakukan dampak nya listrik diwilayah gardu akan mengalami gangguan,”bebernya.

Dari tangan pelaku polisi mengamankan barang bukti berupa tas dukung warna hitam, gergaji besi, obeng, Tang, kunci pas ukuran 12′ dan ukuran 14′, bodem, delapan SCUN, 12 unit Isolator, dua KWH Meter, dua Rangak Kubikel LBS dan satu Cover Kubikel LBS. Kerugian yang dialami PLN mencapai Rp 200 juta.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here