Beranda Daerah Tidak Lakukan Perekaman E-KTP, Disdukcapil Ancam Blok Data Warga

Tidak Lakukan Perekaman E-KTP, Disdukcapil Ancam Blok Data Warga

Tanggal : Pukul :
292
0
Alat perekaman E-KTP Disdukcapil Lahat ngadat,  saat ditengah lakukan perekaman. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Kendati pemerintah pusat telah menetapkan Senin (31/12) nanti jadi batas akhir perekaman E-KTP. Nampaknya masih banyak masyarakat Lahat yang belum lakukan perekaman. Alasannya bukan hanya dari masyarakat, tapi juga dari leletnya pelayanan perekaman.

Terbukti, hingga pukul 15.00 WIB, Jumat (28/12), masih ada sekitar 20 masyarakat yang mengantri lakukan perekaman di Kantor Disdukcapil Lahat. Sedangkan pelayanan perekaman ditutup hingga pukul 16.00 WIB. Ditambah satu-satunya alat perekam lebih sering ngadat otomatis pelayanan kian lambat.

“Sudah dari pukul 09.00 WIB tadi tapi belum juga dapat giliran perekaman,” kata Agus (20/12), warga Tunggul Bute, Kecamatan Kota Agung Lahat. Sembari mengatakan bingung harus pulang naik apa, karena angkot yang ditumpanginya sudah dahulu pulang.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Lahat, Yohn Tito mengakui alat perekaman pihaknya memang sering ngadat. Namun pihaknya selama ini sudah sering memberikan imbauan hanya saja masyarakatnya yang kurang kesadaran.

“Bagi penduduk dewasa diatas 23 tahun, belum perekaman sampai tanggal 31 ini. Datanya akan kita blokir,” kata Yohn Tito.

Lanjutnya, pihaknya sudah berupaya lakukan jemput bola, perekaman ke masyarakat. Sedangkan untuk pemblokiran ini sendiri, tujuannya untuk mencoret data ganda. Jika nanti ingin datanya diaktifkan lagi, tinggal lakukan perekaman di Disdukcapil.

“Baru 285.127 jiwa yang sudah merekam, masih banyak yang belum. Kendalanya masyarakatnya kurang kesadaran. Tapi saat kepepet buat BPJS, baru mau perekaman,” elak Yohn Tito. (heru)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here