Iklan
Pemprov
Ilustrasi

Tidak Ada Jalur Test Tertulis dalam PPDB Tahun Ini

Baturaja, Detik Sumsel – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu  (OKU) menegaskan bahwa dalam Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) jenjang SMP tahun ini tidak ada test masuk atau test terulis, hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd didampingi Kabid Pembinaan SMP M Darojatun SE MM saat dibincangi diruangannya, Selasa (18/5).

Dikatakan Darojatun hal ini sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 1 tahun 2021 tentang penerimaan peserta didik baru, “PPDB tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini PPDB siswa tidak ada lagi test masuk ataupun tertulis,” Sebutnya.

Baca Juga :   Kuryana - Johan Bupati dan Wabup Terpilih

Dikatakan Darojatun, untuk jalur PPDB tahun ini khsusunya jejang SMP ada 4 zonasi yaitu, Zonasi jarak, Afirmasi, perpindahan orang tua/wali siswa dan prestasi. Sedangkan untuk test tidak diperbolehkan lagi hal ini sesuai dengan Permendikbud nomor 1 tahun 2021 dipasal 25 menyatakan bahwa untuk penerimaan siswa tidak boleh menggunakan test tertulis atau test potensi akademik .

“Dari Lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Sumsel juga melakukan pelarangan test, jadi untuk tahun ini hanya 4 zona tersebutlah yang bisa dilakukan dapam penerimaan siswa baru jenjang SMP di OKU ini,” imbuhnya

Menurut Darojatun, Disdik OKU sendiri akan mematuhi aturan yang sudah ada yang tercantum dalam permendikbud tersebut. Kemudian juga menurunkan dalam peraturan bupati sesuai dengan permendikbud ini.

Baca Juga :   19 Orang Resmi Ditetapkan Jadi Anggota AJI Palembang

“Kami tegaskan PPDB hanya dengan 4 jalur tersebut, jika ada sekolah khususnya SMP yang masih melakukan test maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku. Kalaupun ada oknum yang bermain itu bukan tanggung jawab dari Disdik OKU,” tegasnya

Darojatun berharap  masyarakat dan para orang tua siswa bisa memahami dan mengerti tentang aturan dalam permendikbud ini, “kami berharap untuk masyarakat khususnya orang tua/wali siswa dapat mengerti dan memahami kondisi penerimaan siswa tingkat SMPN di OKU ini,” harapnya. (Fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bappeda Lahat Minta OPD Jangan Berhenti Koordinasi

Lahat, Detik Sumsel – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lahat kembali lakukan evaluasi kinerja dokumen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *