Pemprov
Desainer Tria Gunawan menunjukkan penghargaan yang diterimahnya dalam Anugrah Perempuan Indonesia (API) 2020 (maya/detiksumsel.com)

Tetap Berkarya di Masa Pendemi, Tria Raih API 2

Palembang, Detik Sumsel – Dinilai memiliki dedikasi dalam mendorong pertumbuhan UMKM di daerah serta tetap konsisten mempertahankan para karyawannya ditengah kondisi Covid-19.

Desainer Tria Gunawan belum lama ini menerima Anugrah Perempuan Indonesia (API) 2020 dan satu-satunya wanita di Sumsel yang mendapatakan penghargaan ini.

Terpilih sebagai penerima award tersebut, Tria berterimakasih karena dedikasinya pada dunia usaha khususnya fashion yang melestarikan kain khas Sumsel mendapat pengahrgaan.

Tria memaparkan awal mula tim penjurian API mengkonfirmasinya menggali informasi mengenai kebenaran beritanya yang ada di media massa. Apakah benar bahwa dia menjadi salah satu pengusaha yang tetap eksis di tengah pandemi dan tidak merumahkan karyawannya.

Tria berinovasi membuat masker saat pandemi karena sebulan penuh dia tidak mendapatkan order sehingga tidak ada pemasukan. Berkat usahanya dmmbuat masker jumputan, karyawannya tetap bisa bekerja menjahit, membuat pola maker meski hasilnya tetap belum normal.

“Tria Gunawan satu-satunya usaha fashion yang tidak merumahkan karyawan dan terus mencari terobosan baru agar asap dapur pekerja tetap mengepul,” ujarnya ditemui di butiknya, Jumat (04/12)

Baca Juga :   50 Tahun Eksis, TIKI Sukses Suport Ekonomi Indonesia Lebih Maju

Ditambahkanya, selain membuat masker, ia juga berinovasi membuat Alat Pelindung Diri (APD) dan bersyukur idenya itu berhasil dan membuat pekerja justru mendapat gaji lebih besar dari pada menjahit karena permintaan APD naik.

Dia mengatakan, ketua tim juri juga memintanya menjelaskan kilas balik usahanya dari awal hingga tahun ini dan bagaimana dia mengatur jadwal sehingga tetap bisa memiliki waktu untuk keluarga sebagai istri, ibu dan pengusaha juga penggiat sosial.

Tahun ini, API VII mengangkat tema ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju berperan serta di Manca Negara’.

Di gelaran Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (PPPI) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memilih 8 perempuan terbaik yang dinilai sudah turut berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan di Indonesia maupun di Mancanegara, salah satunya Tria Gunawan.

Nantinya Alumni dari API (pemenang) secara otomatis menjadi anggota Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (PPPI) dan Tria Gunawan ditunjuk sebagai Ketua PPPI DPD Sumsel.

Baca Juga :   Mudahkan Investasi Emas, BSM Lounching Fitur E-mas Mobile

Kepemimpinan DPD PPPI sendiri berlaku selama 4 tahun yakni mulai 2020 – 2024, untuk Sumsel sendiri Tria akan membentuk pengurus DPD Sumsel untuk masa bakti 2020 – 2024.

“Diharapkan dibawah kepemimpinan ketua umum PPPI Nana dengan dewan penasehat Dewi Motik Pramono bisa menciptakan perempuan hebat yang bisa jadi pemimpin kedepanya.”Katanya

Tria sendiri dalam waktu dekat akan mendirikan API DPD Sumsel dan mencari anggota juga berkolaborasi dengan Dinas dan instansi terkait misalnya dinas sosial, Dinas koperasi dan lainnya.

Tria mengundang siapa saja yang akan ikut berkolaborasi dan bersama membentuk DPD ini karena API tidak terikat pada satu tujuan organisasi dan terbuka anggotanya bisa dengan latar belakang apa saja sosial, budaya, Pendidikan, ekonomi dan lainnya.

Dia mengatakan, setelah DPD dibentuk barulah akan fokus mengerjakan program kerja dan target yang akan dicapai ke depan sehingga bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah dan memberikan manfaat bagi banyak orang. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Pelabuhan Rakyat Sungai Lais Akan Dikembangkan

Palembang, Detik Sumsel — PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang akan mengembangkan pelabuhan rakyat di Sungai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *