Iklan
Pemprov
Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat, Yekti Apriyanti. Foto Heru / DS

Terkait Anak Pelaku Kejahatan, Bapas Utamakan Diversi

Lahat, Detik Sumsel — Terkait anak yang terlibat sebagai pemakai, kurir, maupun pengedar, akibat ulah dari bandar-bandar narkoba. Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat, Yekti Apriyanti AMd IP SPd MSi mengatakan, sebelum memutuskan hukuman, posisi si anak tersebut harus benar diperhatikan.

Untuk itu katanya, bagi anak selaku pelaku kejahatan dengan ancaman hukuman dibawah tujuh tahu. Diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana. Jadi upaya yang pihaknya lakukan, setelah melihat latar belakang si anak. Mengingat dalam perkara narkoba, anak merupakan korban.

Baca Juga :   Hasil Patungan 45 Anggota DPRD OKI Terkumpul 180 Juta untuk Penanganan Covid 19

“Masa depan si anak, tetap harus diperhatikan. Untuk itu kita ada sidang TPP (tim pengamat pemasyarakatan red), lalu memberikan rekomendsi ke Jaksa. Istilahnya, mau dikasih pasal apa si anak ini pada Jaksa,” ujar Yekti Apriyanti, diruang kerjanya, Senin (1/10).

Lanjutnya, rekomendasi lainnya bila tidak bisa diversi, ialah penjara bersyarat seperti ditahan di LP Anak. LP Anak saat ini hanya ada di Palembang, dan sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sehingga anak masih bisa mengenyam sekolah, ditambah sejumlah program pembinaan keahlian lainnya.

Baca Juga :   Pengamanan Natal, Satlantas Petakan Wilayah Rawan Longsor di Lahat

“Tahun ini baru ada satu, anak yang jadi pelaku narkoba. Kita hanya memberikan rekomendasi linmas. Rekomendasi inilah yang jadi pertimbangan hakim menentukan hukuman,” ucapnya.

Disisi lain, Kajari Lahat Jaka Suprana SH, didampingi Kasi Pidum Variska AK SH menuturkan, pihaknya mencatat hingga September 2018, ada 14 kasus yang melibatkan anak-anak sebagai pelaku kejahatan. Lalu lima diantaranya terlibat dalam kasus narkoba.

“Untuk hukuman ke anak- anak, memang lebih di prioritaskan pada pembinaan. Selain itu dalam memberikan tuntutan, jaksa juga harus teliti melihat kasus tersebut,” tuturnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Resmi Dilantik, Ini Pesan Zulhas Kepada DPW PAN Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Di pemerintahan saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) memposisikan diri sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *