Pemprov
Ketua FKPT Sumsel, Dr Periansyah

Tangkal Radikalisme, FKPT Sumsel Bekali Penyuluh Agama

Indralaya, Detik Sumsel – Guna mencegah aksi radikalisme di masyarakat, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumsel menggelar penguatan kapasitas penyuluh agama dalam menghadapi radikalisme, di Aula Rumah Makan Sederhana, Indralaya, Ogan Ilir, Kamis (25/10).

Acara bertemakan tema Ayat-Ayat Damai, dibuka langsung oleh Deputi Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Hendri Paruhuman Lubis. Acara diisi dengan pembacaan ikrar penyuluh agama yang dilakukan oleh peserta.

Hendri menjelaskan, radikalisme dan terorisme masih menjadi ancaman nyata bagi NKRI. Patut digarisbawahi dari rangkaian aksi terorisme adalah kelompok pelaku tinggal di tengah masyarakat dan membaur dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Tolak Ajakan Berjualan, Istri di Ogan Ilir Tewas Dipukul Behel oleh Suaminya Sendiri

“Oleh karena itu dituntut untuk waspada terhadap tumbuhnya paham radikalisme di tengah masyarakat. Upaya lain untuk menangkal aksi radikalisme bisa dilakukan yaitu dengan menanamkan dasar pemikiran bahwa terorisme adalah ancaman dan gerakan yang mempunyai jaringan lintas batas negara,” katanya, Jumat (26/10).

Di tempat yang sama, Ketua FKPT Sumsel Dr Periansyah menjelaskan, aksi radikalisme dapat menimbulkan keresahan dan dapat saling tuduh dan menjadi benih konflik antar masyarakat apalagi di Sumsel zero.

“Maka dari itu menjadi penting peran tokoh agama, untuk mencegah aksi radikalisme tersebut,” ucapnya.

Baca Juga :   Wagub Hadiri Paripurna HUT OI ke-15

Hal senada disampaikan pemateri lainnya, Andi Intang Dulung. Menurut Andi, soal penyuluh agama memiliki kapasitas masing-masing dalam kelompoknya untuk berdakwah. Selain itu menambah referensi soal pencegahan radikalisme.

“Kita tetap harus waspada karena Palembang merupakan daerah aman namun ada budaya keterbukaan misal menerima tamu adalah hal yang biasa. Sangat senang menerima tamu, jangan sampai budaya menerima tamu disusupi oleh hal yang tidak diinginkan,” bebernya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Bara Revolusioner

Avatar

Check Also

Puluhan Rumah di Desa Lubuk Liat Roboh Diterpa Puting Beliung

Indralaya, Detik Sumsel- Puluhan Rumah Di Lubuk Keliat Roboh, akibat derasnya hujan disertai angin kencang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *