Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Hari Guru
Sejumlah warga saat antre membeli tabung gas Elpiji 3 kg. (Istimewa)

Tambah Pasokan 19.040 Tabung LPG Subsidi di Kayu Agung

Palembang, Detik Sumsel – Untuk mengamankan ketahanan stok Elpiji 3 Kg, PT. Pertamina melakukan penambahan alokasi fakultatif LGP 3 kg bersubsidi dibulan Oktober ini hingga 19.040 tabung di bebetapa kecamatan di Kota Kayu Agung.

Pada tahap 1 dilakukan penambahan sebesar 9.520 tabung dan tahap 2 per 20 Oktober 2020 sebesar 9.520 tabung.

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami mengatakan, secara keseluruhan total konsumsi LPG 3 Kg Bersubsidi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) selama bulan Oktober sebesar 439.600 tabung, yang disalurkan melalui delapan Agen dan 483 pangkalan aktif.

Penambahan alokasi bersifat situasional atau fakultatif tersebut dilakukan menyusul adanya peningkatan permintaan di masyarakat.

Baca Juga :   Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sumsel Capai 9 Persen

Dewi menambahkan, stok LPG Subsidi 3 Kg di Pangkalan saat ini dalam kondisi aman, jumlah rata-rata stok di Kecamatan Kayu Agung antara 40 – 560 tabung per hari ini.

Sejak Agustus 2020, sudah diberlakukan bahwa pangkalan hanya menjual maksimal 30% alokasi ke pengecer sekitar, stok di pangkalan hanya menjual LPG 3 Kg ke konsumen rumah tangga langsung.

“Kami menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat, agar selalu membeli LPG 3 Kg di Pangkalan resmi Pertamina yang terdaftar dan memiliki plang warna hijau yang mencantumkan informasi nama pangkalan, nomor registrasi dan informasi Harga Eceran Tertinggi (HET),” tambah Dewi.

Pertamina bertanggung jawab mengawasi pasokan LPG di jalur distribusi dari agen hingga panggkalan. Karena itu apabila ditemukan pangkalan yang berlaku curang, seperti menjual LPG 3 Kg Bersubsidi diatas HET, menjual untuk industri, atau menjual ke pengecer dalam jumlah yang banyak, Pertamina dapat memberikan sanksi hingga Pemutusan Hubungan Usaha (PHU).

Baca Juga :   Kembalikan Ruh Xenia dengan New Grand Xenia

Ia menambahkan, Pertamina senantiasa berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti Pemerintah Daerah, Disperindag, agen, hingga aparat Kepolisian untuk mengawasi distribusi dan menjaga ketahanan stok dan kestabilan harga di Kabupaten OKI.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama memantau pemakaian LPG subsidi ini sehingga bisa digunakan oleh masyarakat yang berhak, yakni rumah tangga pra sejahtera dan usaha mikro,” tutup Dewi. (ril/May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Dukung Sektor UMKM di Sumsel lewat Program KUR

Palembang, Detik Sumsel – Bank BNI terus berkomitmen mendukung pelaku usaha UMKM yang menjadi tulang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda