Iklan Iklan
Pemprov

Taman Edukasi Pertamina RU Wilayah Plaju Masuk Nominasi Smart City

Palembang, Detiksumsel – Sejak berdiri ditahun 2019 lalu, keberadaan taman edukasi pertama ini banyak dimanfaatkan warga yabg berada dilokasi taman edukasi tersebut.

Taman Edukasi Pertamina yang didirikan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) Wilayah Plaju masuk nominasi implementasi program Smart City yang digagas Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemenkominfo Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Hartati selaku Lurah Kelurahan Talang Putri mengatakan bahwa keberadaan Taman Edukasi Pertamina ini dianggap memenuhi dimensi Smart City kategori _Smart Society_ karena mewujudkan interaksi masyarakat yang efisien, cerdas, dan partisipatif terhadap pembangunan daerah sehingga tercipta masyarakat yang mandiri dan berdaya.

“Pemerintah Kota Palembang yang mengajukannya dan masuk dalam kategori _Smart Society_. Hari ini kami berkomunikasi secara langsung melalui saluran virtual dengan tim dari Kemenkominfo,” papar Hartati di Taman Edukasi Pertamina beberapa waktu lalu, Selasa (08/06)

Selama ini warga di Kecamatan Plaju sering memanfaatkan Taman Edukasi Pertamina ini untuk kegiatan pelatihan UMKM.

Beragam produk kerajinan yang dihasilkan juga dipajang di lokasi ini karena terdapat gazebo etalase dan pameran produk UMKM unggulan yang berada di sekitar Kecamatan Plaju. Selain itu, Taman Edukasi Pertamina juga digunakan untuk pendidikan non-formal untuk anak-anak di sekitar Kecamatan Plaju.

Baca Juga :   Market Bisnis Jual Beli Berlian di Palembang Cukup Menjanjikan

“Di sini juga ada perpustakaan mini yang sering didatangi anak-anak sekolah. Jadi keberadaan Taman Edukasi ini benar-benar membanggakan kami, ada sekitar tujuh kelurahan yang memanfaatkannya,” tambah Hartati.

Rianda Pratama selaku Staff Infrastruktur e-Government yang datang mewakili Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang mengatakan bahwa respon positif ditunjukkan warga Kecamatan Plaju atas terpilihnya Taman Edukasi Pertamina akan diperhitungkan dalam penilaian Kemenkominfo RI.

“Mulai dari masa persiapan hingga penilaian, warga banyak terlibat. Semoga saja ini menjadi nilai plus tersendiri,” tutur Rianda.

Sementara itu, Siti Rachmi Indahsari selaku Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU III Plaju mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai produk energi untuk memenuhi kebutuhan nasional, Pertamina RU Wilayah Plaju juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca Juga :   Nikmati Diskon Hingga 40 Persen untuk Dinner Set

“Alhamdulillah, Taman Edukasi Pertamina yang didirikan oleh Pertamina RU Wilayah Plaju ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan memberikan energi bagi masyarakat sekitar sebagai lokasi pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan,” terang Rachmi.

Taman Edukasi Pertamina yang berdiri sejak tahun 2019 ini merupakan wujud kontribusi inovasi sosial Pertamina RU Wilayah Plaju dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau _Sustainable Development Goals_ (SDGs) khususnya tujuan keempat, yaitu pendidikan berkualitas.

Pendidikan berkualitas yang dimaksud yakni menyediakan lokasi pendidikan dan pelatihan yang mumpuni, yang sudah didukung teknologi digital agar masyarakat mampu bersaing di era digital.

“Mohon dukungan kepada semua masyarakat dan stakeholder. Semoga dengan kontribusi yang telah dilakukan Pertamina RU Wilayah Plaju melalui Taman Edukasi Pertamina ini dapat mempermudah langkah untuk pencapaian Smart City kategori _Smart Society_ dari Kemenkominfo RI,”kata rahmi

Program ini juga sebagai salah satu bentuk implementasi dalam peningkatan kontribusi dampak positif perusahaan yang termasuk dalam kriteria ESG _(Environmental, Social, and Governance). (May/REL

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Mau BBQ yang Seru? THE 101 Hotel Saja

Palembang, Detiksumsel – Demi memberikan pengalaman berbeda setiap bulan kepada para tamu dengan sensasi rasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *