Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Tak Rekrut PNS, DPRD Lahat Akan Panggil Badan Kepegawaian

Lahat, Detik Sumsel — Lulusan sarjana di Kabupaten Lahat kian bertumpuk, minimnya lowongan kerja hingga kembali tidak dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jadi penyebab kian banyaknya pengangguran. Padahal pemerintah pusat telah menyiapkan 400 kuota CPNS untuk Kabupaten Lahat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi 1 DPRD Lahat, Marwan Ardiansyah SE Msi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil dan mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP), bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Mengingat hal ini sama saja menutup kesempatan bagi putra daerah, guna mengabdi di instansi pemerintahan.

“BKPSDM akan kita panggil, akan kita tanya sehubungan tidak ada penerimaan CPNS di lahat. Sudah 10 tahun terakhir ini, Kabupaten Lahat tidak menerima CPNS. Lulusan sarjana saja, sudah semakin menumpuk,” tegas Marwan, Jumat (14/9).

Baca Juga :   Kesal Dapat Surat Peringatan, Anton Aniaya Rekan Kerja

Sebelumnya, saat dibincangi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lahat, Drs H Rachmat Surya Effendi MM melalui Sekretaris Widi Widianto mengatakan, ASN di Kabupaten Lahat tergolong cukup. Selain itu, tinggi belanja pegawai lebih dari 50 persen, secara otomatis tidak dibuka penerimaan pegawai negeri baru.

“Baik itu, formasi umum, khusus, dan honorer K ll. Sampai saat ini belum ada instruksi untuk penerimaan CPNS. Kemenpan dan RB tidak mensetujui, melihat perbandingan belanja untuk pembangunan,” kata Widi Widianto.

Baca Juga :   Gelar Peralatan, PLN Lahat Cek Perlengkapan Peralatan

Widi menuturkan, jumlah ASN di Lahat saat ini sebanyak 6.863 orang. Terdiri dari, golongan l tercatat ada 56 pegawai, golongan ll mencapai 1.302 pegawai, golongan lll sebanyak 4.088, dan golongan lV hanya 1.417 ASN. Angka ini memang sudah menurun dibandingkan tahun lalu, yang mencapai kurang lebih 9000 an orang.

“ASN kita jumlahnya memang mengalami penurunan, dibandingkan tahun sebelumnya. Karena ada yang pensiun, meninggal, atau pindah ke daerah lain. Tapi untuk penerimaan CPNS tahun ini, kita belum disetujui pusat,” ucapnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

2021 Seluruh OPD Terapkan Transaksi Non Tunai

Lahat, Detik Sumsel — Guna menjalankan reformasi birokrasi terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *