Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kesehatan Tak Berantas Jentik, Fogging DBD Justru Berbahaya

Tak Berantas Jentik, Fogging DBD Justru Berbahaya

Tanggal : Pukul :
206
0
Suasana rapat koordinasi terkait penilaian eliminasi malaria di Kota Lubuklinggau, Selasa (15/01). (Istimewa)

Lubuklinggau, Detik Sumsel – Kementerian Kesehatan akan melakukan penilaian eliminasi malaria di Kota Lubuklinggau pada 21-25 Januari mendatang. Sejumlah persiapan sudah dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan menggandeng OPD lainnya. Salah satunya menggelar rapat koordinasi pada Selasa (15/01).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Lubuklinggau, dr Jeannita Sri A Purba memberikan penjelasan terkait berbagai upaya yang harus dilakukan. Berdasarkan fakta, upaya pengasapan atau fogging untuk membunuh nyamuk di suatu daerah, ternyata salah besar.

Selama ini masyarakat terlalu percaya, fogging efektif memberantas nyamuk penyebab penyakit. Bahkan, jika terjadi kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), warga akan memaksa dilakukan fogging di wilayahnya.

Namun, kenyataannya fogging hanya efektif membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentiknya masih ada. Padahal, jentik berpotensi untuk menjadi nyamuk Aedes Aegypti dengan masa hidup sampai enam bulan di genangan air yang relatif bersih.

“Jika memang fogging terpaksa dilakukan, saat pengasapan berlangsung, warga harus menutup rapat makanan dan minuman. Setelah pelaksanaan, warga harus melakukan pembersihan sisa racun fogging dengan mengepel,” jelasnya. (Rel)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here