Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah Tahun Terakhir Pelaksanaan UN, Muba Siap 100 Persen

Tahun Terakhir Pelaksanaan UN, Muba Siap 100 Persen

Tanggal : Pukul :
227
0
Tahun Terakhir Pelaksanaan UN, Muba Siap 100 Persen
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, H Musni Wijaya.

Sekayu, Detik Sumsel – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupten Muba, menyatakan siap 100 persen, untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), yang pelaksanaannya pada tahun ini, adalah tahun terakhir.

Kepastian tersebut diungkapkan Disdikbud Muba setalah 179 SMP/MTs menyatakan siap 100 persen dalam melaksankan UNBK dan UNKP.

“Ya, UN tahun ini merupakan yang terkahir setelah Mendikbud menyatakan tahun depan UN bakal diserahkan terhadap sekolah masing-masing. Adapun sekolah yang melaksanakan UNBK SMP/MTs 130 sekolah yang diikuti oleh 8.886 siswa, lalu UNKP SMP/MTs 49 sekolah diikuti 1.988 sekolah dengan total jumlah siswa 10.874 siswa. Peserta UNBK SMP 65,50 persen dan UNBK MTs 100 persen,”kata Kepala Disdikbud Muba Musni Wijaya, Kamis (13/2).

Baca Juga :   Gunakan Dana Sertifikasi untuk Peningkatan Kualitas

Lanjutnya, pada tahun ini Kabupaten Muba telah bisa melaksanakan UNBK sekitar 80 persen lebih, namun yang di data sekitar bulan November jadi hanya mencapai 65.50!persen saja.

“Rencananya juga pada bulan Maret ini kita mau memberikan komputer untuk sekolah yang melaksanakan UNBK, kendati UNBK tidak dilaksanakan tahun depan tetapi komputer tersebut tetapi bisa digunakan pada kurikulum TIK,”ungkpanya.

Lebih lanjut mantan Pj Walikota Pagaralam ini, pada tahun mendatang Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) akan kembalikan ke sekolah masing-masing dan materi ujian diserahkan oleh sekolah masing-masing.

Baca Juga :   Telkomsel dan Ruang Guru Hadirkan Sekolah Online Gratis

“Kendati USBN diserahkan kepada sekolah masing-masing, tahun ini kita telah berencana membuat soal dengan tim, karena pembuatan soal memiliki standar tertentu. Sehingga sekolah memiliki standar tertentu dalam menentukan standar soal dan kelulusan, jadi masih tetap kita pantau,”tambahnya.

Pelaksanaan USBN kalau SMP akan dilaksanakan sekitar bulan April, untuk ujian sekolah SD akan dilaksankan pertengahan bulan Mei. “Menjelang UN kita telah meminta sekolah untuk mempersiapkan siswanya seperti memberikan pelajaran tambahan,”jelasnya. (edy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here