Beranda Daerah Tahun Ini, Lahat Tidak Rekrut PPPK

Tahun Ini, Lahat Tidak Rekrut PPPK

Tanggal : Pukul :
559
0
Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Pegawai, BKPSDM Lahat, Isna Abidara. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat, Rahmat Surya Effendi, melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Pegawai, Isna Abidara BA, akhirnya menegaskan. Tahun ini Pemkab Lahat tidak membuka rekruitmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Isna Abidara menjelaskan, gaji PPPK yang dibebankan APBD masing-masing daerah, jadi penyebab tahun 2019 ini Lahat tidak melakukan rekrutmen PPPK. Kabupaten Lahat baru bisa menganggarkan PPPK, pada tahun 2020 mendatang.

“Tahun ini Pemkab Lahat tidak membuka rekrutmen PPPK. PPPK  bakal dianggarkan untuk tahun 2020 mendatang,” tegas Isna, Kamis (7/2).

Lanjut Isna, rencana awal jika ada perekrutan, untuk penerimaan PPPK ini khusus tenaga honorer K2 dengan bidang ilmu dan formasi untuk kebutuhan guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian. Hanya bisa diikuti sekitar 250 tenaga honorer, dari 585 jumlah tenaga honorer K2 yang tersisa di Kabupaten Lahat.

“Untuk tahun 2020 mendatang, bukan hanya bisa diikuti tiga bidang saja, namun juga untuk umum secara real. Bahkan kita juga untuk penerimaan CPNS, bila ada petunjuk dari pusat,” jelasnya.

Sementara, Ketua Forum Honorer K2 Indonesia, Kabupaten Lahat, Devi Damayanti SPd mengatakan, pihaknya menolak jika harus mengikuti PPPK, karena tidak sesuai dengan harapan. Dimana Honorer K2 Lahat hanya menginginkan, pengangkatan menjadi PNS seutuhnya.

“Ya kalau ada anggota forum ingin ikut, silakan saja. Tapi rekruitmen PPPK ini, tetap tidak sesuai dengan harapan kita,” katanya.

Disisi lain, Ferry (25) warga Kota Lahat menyayangkan, tidak adanya rekrutmen PPK di Lahat mengingat sebelumnya adanya surat edaran untuk melakukan rekrutmen PPK ini, sudah memberikan sebuah harapan bagi pencari kerja di Lahat.

“Rekrutmen CPNS sudah tidak ada, PPPK tahun ini juga tidak ada. Wajar saja kalau Kabupaten Lahat masuk 2 termiskin di Sumsel. Karena tidak ada lapangam kerja, untuk masyarakat,” cetus Ferry, setelah mendengar kabar tersebut. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here