Youtube Channel

Tahun ini, Disdukcapil OKU Target Terbitkan 10 Ribu KIA

Baturaja, Detik Sumsel – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kabupaten Ogan Komering Ulu menargetkan pada tahun 2018 ini dapat menerbitkan 10 ribu Kartu Identitas Anak (KIA).
Hal ini dikatakan Kadisdukcapil OKU A.Jahari melalui Kabid Pelayanan Pendataan Penduduk Yanizi didampingi Kasi Identitas Penduduk Nourmalia, Senin (10/9).
Saat ini kata Yanizi, pihaknya gencar melakukan sosialisasi penggunaan KIA di setiap kecamatan. “Tahun ini sosialisasi sudah di kecamatan luar kota” kata Yanizi.
Disebutkannya, pada 2017 lalu, sosialisasi penggunaan KIA, baru sebatas dua kecamatan yang ada di sekitar kota Baturaja, yakni Kecamatan Baturaja Timur, dan Kecamatan Baturaja Barat.

Sedangkan tahun 2018 menyusul sosialisasi pada tujuh kecamatan lain yakni, Kecamatan Lubuk Raja, Peninjauan, Sinar Peninjauan, Lubuk Batang, Kedaton Peninjauan Raya (KPR), Lengkiti, dan Sosoh Buay Rayap.
“Jadi totalnya kita sudah melakukan sosialisasi di 9 kecamatan dari 13 kecamatan di OKU” Terangnya.
Sementara itu, Kasi Identitas Penduduk Nourmalina menambahkan, untuk pembuatan KIA ini, pihaknya menyasar pihak sekolah. Sejauh ini, katanya, animo sekolah begitu antusias. Meski diakuinya, untuk loket umum di Disdukcapil belum siap. Untuk tahun 2018, kata dia, masih meneruskan yang sudah ada.
Dijelaskan Nourma, ada beberapa persyaratan untuk bisa diterbitkan KIA. Seperti copy kartu keluarga (KK), KTP orang tua, akte lahir. “Untuk anak yang berusia 0-5 tahun tidak perlu melampirkan foto. Sedangkan untuk anak usia 6 tahun sampai dibawah 17 tahun melampirkan foto”jelasnya.

Baca Juga :   Tujuh Pasangan Bukan Suami Istri Diamankan Sedang Bercumbu Dipenginapan
Diungkapkan Nourma, saat ini untuk mensosialisasikan KIA ini pihaknya juga menyasar kerjasama dengan pihak kecamatan. Diharapkan pihak kecamatan juga bisa menyampaikan kepada sekolah-sekolah yang ada di kecamatan.
“Karena keterbatasan personil dilakukan sampling ke sekolah yakni 1 PAUD, 1 sekolah SD, dan 1 SMP. Kedepan bergerak ke desa lain”ujarnya

Nourma berharap, KIA ini bisa berjalan lancar dan bisa mencapai target yang telah ditentukan. “KIA ini sangat berguna. Karena layaknya KTP, bisa digunakan sebagai identitas untuk anak, seperti digunakan saat membeli tiket pesawat atau kereta api”tukasnya. (fei).

Baca Juga :   Kuryana Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Ancaman Hewan Buas
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Feriandi

Avatar

Check Also

Polres OKU Gelar Simulasi Pengaman TPS

Baturaja, Detik Sumsel — Seorang warga yang membuat keributan di TPS 1 Baturaja terpaksa di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *