Gran Fondo

Tahun Ini Baznas Lahat Tak Capai Target

Lahat, Detik Sumsel — Target Badan Akil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat, sebesar Rp 2.815.000.000 pada tahun ini, dipastikan tidak akan tersentuh. Mengingat hingga per Juni 2018, zakat yang diterima baru mencapai Rp 800 juta. Sedangkan tahun ini, tinggal menyisakan sekitar tiga bulan lagi.
Ketua Baznas Lahat, H Nashir Syakni mengatakan, pihaknya tidak menampik, kalau tahun ini pencapaian jauh dari yang ditargetkan. Namun pihaknya akan terus berjuang mengumpulkan zakat, untuk diberikan pada masyarakat yang betul-betul berhak.
“Tahun 2017 lalu saja, Baznas menargetkan sebesar Rp 3 Milyar, namun hanya terealisasi Rp 2.1 Milyar. Tapi tahun ini perolehan zakat memang menurun,” kata Nashir Syakni, Jumat (14/9).
Lanjutnya, penerimaan zakat merosot jauh dari yang ditargetkan ini dikarenakan, adanya instansi pemerintahan yang pindah ke Provinsi, dan diambil alihnya Sekolah Menengah Atas (SMA) oleh pihak Provinsi. Padahal zakat penghasilan dari PNS lah, yang menjadi pendapatan zakat terbesar di Kabupaten Lahat.
“Ada juga dinas yang memang tidak ingin menyetor zakat ke kita. Kita tidak tahu pasti alasannya,” tuturnya.
Nashir membeberkan, instansi yang tidak mau menyetor zakat seperti tingkat Sekolah Dasar (SD). Dari ratusan SD yang ada, hanya 7 SD yang mau menyetor. Padahal guru menjadi penyumbang zakat terbanyak.
“Ya kita harapkan, masyarakat lebih sadar lagi akan kewajibannya membayar zakat,” sampai mantan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Lahat ini. (heru).
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Baca Juga :   Pengendara Harus Waspadai Wilayah Rawan Longsor di Lahat

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Tutup Potensi Korupsi, KPK Ingin FABA Jadi Limbah Non B3

Lahat, Detik Sumsel — Munculnya surat dari KPK ditandatangani Firli Bahuri selaku Ketua, tertuju kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *