Detik
Empat pecahan uang kertas yang akan ditarik permanen oleh BI pada hingga 31 Desember 2018 mendatang. (Istimewa)

Tahun 2019, Empat Pecahan Uang Ini Hanya Kertas Biasa

Palembang, Detik Sumsel – Bank Indonesia (BI) memberikan batas waktu hingga 31 Desember mendatang, bagi masyarakat yang memiliki empat pecahan uang kertas lama segera menukarkannya.

Keempat pecahan tersebut terdiri dari pecahan Rp 10 ribu tahun emisi 1998, Rp 20 ribu tahun 1998, Rp 50 ribu tahun emisi 1999, dan pecahan Rp 100 ribu tahun pembuatan 1999.

Penarikan uang ini sudah sewajarnya dilakukan, mengingat masa edar keempat pecahan uang kertas ini sudah 20 tahun.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Sumsel, Perdi Silalahi menjelaskan, masyarakat bisa datang langsung ke BI atau ke mobil kas keliling yang ada di sejumlah daerah.

Baca Juga :   Sejumlah Kecamatan di OKI Terancam Terisolir

“Untuk mengakomodir bila terjadi lonjakan penukaran uang lama, kita akan membuka layanan khusus untuk penukaran empat pecahan ini, yakni pada tanggal 29 dan 30 Desember mendatang dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00. Selain itu kami juga akan menambah kas keliling terutama di daerah yang masih banyak peredarannya,” ujarnya.

Sebenarnya kata Perdi, penarikan ini sudah dilakukan sejak lima tahun terakhir dan banyak mendapatkan respon dari masyarakat. Seluruh uang yang sudah ditarik akan langsung diracik atau dimusnahkan.

Baca Juga :   Harnojoyo Terima Penghargaan Government Officer di Jakarta

“Penarikan ini sebagai salah satu upaya untuk menekan dan mencegah peredaran uang palsu. Karena secara sistem pengamanan keempat pecahan uang kertas ini sudah tidak relevan dengan kemajuan tehnologi saat ini sehingga rentan dipalsukan,” ucapnya.

Ditegaskannya, lewat tanggal 31 Desember keempat pecahan uang kertas tersebut sudah tidak sah lagi menjadi alat bayar dan uang tersebut berubah menjadi kertas biasa. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Ekonomi Sumsel di Prediksi Membaik pada 2021

Palembang, Detik Sumsel – Bank Indonesia (BI) optimistis, pemulihan ekonomi nasional akan terwujud pada 2021. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *