Detik
Pemprov
Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Cornelis Ferdinand Hotman Sirait SIK SH MH berfoto bersama usai Rapat koordinasi rencana pemasangan perangkat ETLE di kota Palembang

Tahap Uji Coba, Sembilan Kamera ETLE Dipasang Pantau Pelanggar Lalin

Palembang, Detik Sumsel — Sedikitnya ada sembilan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan dipasang di sembilan titik persimpangan jalan di kota Palembang selama uji coba perangkat ETLE awal Maret mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Cornelis Ferdinand Hotman Sirait SIK SH MH mengatakan Ditlantas Polda Sumsel akan mengaplikasikan sistem ETLE di beberapa ruas jalan di kota Palembang. Untuk launching ETLE ini akan dilakukan pada April bersama dengan Polda lain di Indonesia.

“Di Sumsel uji coba penerapan ETLE ini akan dilakukan Maret mendatang dengan memasang sembilan kamera di persimpangan jalan di kota Palembang,”kata Hotman kepada wartawan usai Rapat koordinasi rencana pemasangan dan uji coba perangkat ETLE di gedung Grand Atyasa Kamis (25/2/2021).

Baca Juga :   ODGJ di OI Dominasi Usia Produktif

Selama tahap uji coba penerapan ETLE ini, kata Hotman pihak terus mensosialisasikan penerapan ETLE ini kemasyarakat melalui media sosial, dan media massa baik cetak, online dan elektronik sebelum dilakukan penindakan di bulan April mendatang.

Dari sembilan kamera ETLE yang akan dipasang di beberapa jalan di kota Palembang diantaranya kamera cek poin, kamera i polis. Dari sembilan kamera ETLE yang akan dipasang dibeberapa persimpangan jalan di kota Palembang Hotman tidak menyebutkan secara rinci persimpangannya. Hal ini dilakukan agar masyarakat pengguna jalan tetap tertib berkendara di jalan raya.

Baca Juga :   Ingin Nyalon Bupati OKU Lewat Jalur Independen, Ini Syaratnya

Hotman juga menjelaskan keunggulan kamera ETLE dibandingkan dengan kamera CCTV yang ada di command center. Kalau kamera CCTV memang bisa ngezoom objek yang terpantau namun harus digerakkan oleh operator dulu. Kalau kamera ETLE bekerja selama 24 jam yang terus mencapture semua pelanggaran diarea yang terpantau tanpa di zoom.

“Diruang command center tetap disiagakan anggota dari Gakkum dan Regident yang akan mendata pelanggar lalu lintas lalu berkoordinasi dengan pihak kantor pos untuk mengirimkan alamat pelanggar lalu lintas,”bebernya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Fauzi

Avatar

Check Also

Makmurkan 74 Masjid Dan 62 Musala

Muaraenim, Detik Sumsel- Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) memakmurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *