Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi TAF Sasar Segmen Produk Multi Guna Kendaraan

TAF Sasar Segmen Produk Multi Guna Kendaraan

Tanggal : Pukul :
310
0
Serah terima jabatan PT Toyota Astra Finance (TAF) Palembang Kepala TAF Palembang, Afiq Fakhri usai momen pisah sambut bersama Kepala TAF yang lama Nico Kwee, Jumat (18/01).

Palembang, Detik Sumsel – Meski tidak segencar tahun lalu, namun PT Toyota Astra Finance (TAF) Palembang sudah menyiapkan beberapa strategi jitu. Salah satunya dengan memperbesar porsi kucuran kredit untuk produk multi guna kendaraan yang ditarget naik hingga tiga kali lipat, dengan target penjualan kendaran sebesar 2.500an unit.

“Kita tetap optimis sepanjang tahun 2019 ini, penjualan kendaraan akan tetap tumbuh, meski tidak selancar tahun 2018 lalu,” jelas Kepala TAF Palembang, Afiq Fakhri usai momen pisah sambut bersama Kepala TAF yang lama Nico Kwee, Jumat (18/01).

Afiq sendiri dulunya Kepala TAF Padang yang dipromosikan pindah membawahi wilayah Palembang, sementara Nico Kwee akan menjalani tugas barunya sebagai Kepala Cabang TAG Mangga Dua Jakarta.

Afiq menambahkan, Kota Palembang memiliki konsumen yang memiliki karakter tersendiri, sehingga ia menyebutkan ini sebagai satu tantangan besar bisa mengkucurkan kredit kendaraan. Apalagi
dulunya target Palembang hanya 2 ribuan unit dan tercapai hingga akhir tahun lalu, dan tahun ini target pembiayaan hingga 2500an unit mobil. Selain mengandalkan penjualan melalui dealer di bawah Astra, mereka pun kini akan mulai fokus pada pembiayaan produk multi guna kendaraan.

Ia menambahkan, pembiayaan sebenarnya sudah lama namun tahun ini pertumbuhannya memang digenjot naik hingga tiga kali lipat. Bahkan dia merinci, pada tahun lalu kucuran kredit untuk produk ini hanya 100 unit mobil tapi tahun ini ditarget pembiayaannya hingga 440 unit.

Diakuinya itu merupakan tantangan besar oleh karena itu pihaknya tidak akan main-main dengan melakukan pendekatan lebih kepada konsumen Palembang. Market retail pun diakuinya kini juga belum tumbuh baik. Ini yang memicu pihaknya mengubah strategi baru.

“Untuk produk multi guna ini sama dengan gadai BPKB kendaraan, ini yang akan kita fokuskan tahun ini. Segmen retail memang masih ada tapi tahun ini kami prediksi pertumbuhannya tidak terlalu besar. Targetnya hanya 10 persen saja per tahun,” katanya.

Dia juga menyebut sudah menyiapkan beberapa promo spesial untuk produk multi guna, diantaranya bunga bersaing dan sangat kompetitif, tenor waktu panjang dengan proses yang super cepat. Tiga promo ini diyakini akan mendongkrak market lebih besar lagi. Secara aset, lanjut dia, saat ini sangat reborn sebesar Rp 700an Miliar dan jumlah ini ditarget naik 10 persen hingga akhir tahun ini.

“Tantangan besar karena tiga tahun lalu aset di cabang sini tidak terlalu tinggi. Namun sejak dipegang Kacab lama, pertumbuhannya sangat reborn sekali. Makanya ini jadi tantangan terbesar saya,” katanya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here