Detik
Anggota DPD RI asal Sumsel Hendri Zainuddin saat melakukan kunker ke Fakultas Kedokteran Unsri. (Foto Istimewa)

Susun DIM RUU Pendidikan Kedokteran, Hendri Zainuddin Datangi FK Unsri

Palembang, Detik Sumsel- Undang-Undang Nomor 20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran perlu segera dirubah karena usang dan tumpang tindih dengan undang-undang lain. Oleh sebab itu, saat ini pihak legislatif dan eksekutif terus gencar melakukan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran.

Dalam kaitan tersebut, Anggota DPD RI Komite III H Hendri Zainuddin SAg SH melakukan penyusunan Daftar Inventarisir Masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Kedokteran dan dalam kesempatan tersebut, Senator asal Sumsel tersebut mendatangi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) dan disambut Dekan FK Unsri dr Syarif Husin MS bersama guru besar FK Unsri serta dosen dan staf FK Unsri.

“Saat ini RUU Pendidikan Kedokteran sedang tahap pembahasan, oleh sebab itu perlu dilakukan penyusunan daftar inventarisir masalah (DIM) dan tentunya masukan-masukan dari Fakultas Kedokteran Unsri sangat dibutuhkan,” ujar Pimpinan Badan Kehormatan (BK) DPD RI tersebut.

Baca Juga :   Tingkatkan SDM, Guru dan Siswa Dikirim Ke Australia

Menurur Hendri, ada beberapa persoalan yang harus didiskusikan terkait RUU Pendidikan Kedokteran, salah satunya terkait pengaturan uji kompetensi.

“Hal ini juga sedang dalam tahap pembahasan, apakah nanti pelaksanaan Uji Kompetensi ini tetap akan dilakukan pihak Fakultas Kedokteran atau dilakukan pihak Asosiasi, ini juga menjadi topik pembahasan untuk mendengar masukan dari FK Unsri khususnya,” ulasnya.

Hendri menambahkan, UU Pendidikan Kedokteran lama yang diterapkan saat ini telah memicu kontroversi. Di samping itu, UU Pendidikan Kedokteran yang ada saat ini belum menyebutkan tentang pendidikan kedokteran berkelanjutan. Padahal pendidikan kedokteran berkelanjutan merupakan penting untuk merespon perkembangan zaman dan teknologi.

Baca Juga :   RSUD Lahat Urung Turun Kelas, Tetap Type C

“RUU Pendidikan Kedokteran ini penting agar dokter memiliki kompetensi yang tinggi dan terjamin kapasitasnya,” tegasnya.

Sementara itu, Dekan FK Unsri, dr Syarif Husin MS mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kedatangan anggota DPD RI Komite III yang melaksanakan kunker untuk diskusi seputar RUU Pendidikan Kedokteran.

“RUU Pendidikan Kedokteran ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi serta bisa menuntaskan persoalan distribusi tenaga medis yakni dokter di daerah-daerah,” pungkasnya. (Adv)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Raam

Raam

Check Also

Kesadaran Warga Terapkan Prokes Menurun

Lahat, Detik Sumsel — Kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan seperti menggunakan masker, terpantau kian mengendor. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *