Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Musi Banyuasin
Beranda Ogan Ilir Sumsel Resmi Miliki Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

Sumsel Resmi Miliki Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

Tanggal : Pukul :
11157
0
Sumsel Resmi Miliki Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama PT Waskita Sriwijaya Tol WST saat Topping off Ceremony proyek Jembatan Ogan Tol Kapal Betung, Jumat (1/5).

Ogan Ilir, Detik Sumsel – Progress penyelesaian pembangunan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sepanjang 111 kilometer terus dikebut, sebagaimana diketahui saat ini jalan Tol Kapal Betung yang sudah beroperasi yakni sepanjang 29,5 kilometer.

Kali ini guna menunjang progress percepatan pembangunan jalan Tol Kapal Betung tersebut, PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) yang merupakan salah satu BUJT yang dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (WTR) telah melakukan pengecoran terakhir (closure) pada Jembatan Ogan.

“Jembatan Ogan memiliki panjang total sekitar 1,6 KM dan menghubungkan Seksi satu yang telah beroperasi yakni ruas tol Kapal Betung dengan Jalan Lintas Timur, dan ini merupakan Jembatan Tol yang terpanjang di Indonesia,” ungkap Direktur WST, Ir Herwidiakto M Tech di sela Topping off Ceremony Proyek Jembatan Ogan Tol Kapal Betung, Jumat (1/5).

Dikatakan, pengecoran ini dilaksanakan pada Jumat (1/5) pada pukul 16.00 WIB. Jembatan Ogan ini merupakan titik penghubung yang penting pada ruas tol Kapal Betung untuk menghubungkan kota Palembang menuju Betung, Jambi.

Baca Juga :   Ini Ciri-Ciri Demo Murni dan Demo Bayaran

“Tol Kapal Betung ini diyakini akan memberikan kontribusi mengurai kepadatan lalu lintas yang selama ini terjadi,” terangnya.

Ia menambahkan, pada proses pembangunan jembatan Ogan Tol Kapal Betung ini juga hampir 99 persen menggunakan produk-produk lokal. “Selain ini merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia, pada proses pembangunan jembatan ini produk pembangunannya menggunakan produk-produk lokal,” bebernya.

Lanjutnya, pada prosesi pengecoran terakhir (closure) ini pihak WST juga menaati peraturan keselamatan kerja yang berlaku dan protokoler pencegahan COVID-19. Aksi ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik atau piknik pada saat Ramadhan dan Lebaran.

“Sosialisasi ini mendukung aksi Pemerintah untuk #tidakmudik dan #tidakpiknik pada Lebaran 2020 ini sebagai salah satu cara memutus mata rantai Virus COVID-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir M Basoeki Hadi Moeljono yang dalam kesempatan tersebut menyaksikan Topping off Ceremony melalui video conference menyebutkan, pihaknya berharap agar proses pembangunan jembatan Ogan Tol Kapal Betung ini menjadi bagian untuk percepatan penuntasan pembangunan jalan tol Kapal Betung.

Baca Juga :   Undang Komunitas Baca dan Literasi Bukber

“Kita targetkan pada Januari 2022 jalan Tol Kapal Betung ini sudah sampai Betung pembangunannya,” imbuhnya.

“Dengan keberadaan ruas tol ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dengan memberikan solusi waktu perjalanan yang jauh lebih singkat sehingga dapat memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah setempat,” tambahnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) atas komitmen untuk percepatan penyelesaian pembangunan jalan Tol Kapal Betung.

“Terlebih sebagai catatan penting Jembatan Ogan Tol Kapal Betung ini menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia, tentu ini kebangaan tersendiri bagi masyarakat Sumsel khususnya,” tandasnya.(tet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here