Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Liputan Khusus Sumsel Masih Aman

Sumsel Masih Aman

Tanggal : Pukul :
398
0
Salah satu dokter rumah sakit RSUD Mohammad Husein memeriksa balita di rumah sakit RSUD Mohammad Husein, Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

Lipsus, Detik Sumsel- Kasi P2P Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Mulyono menjelaskan, Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kerap mewabah di musim penghujan di sejumlah wilayah di Sumsel, belum masuk kriteria Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Untuk angka penderita terhitung bulan Januari hingga Desember 2018 memang terlihat mengalami kenaikan, namun itu belum masuk dalam kategori KLB,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, untuk di bulan Januari hingga Febuari 2019, data yang masuk telah terhitung di angka 475 kasus dengan angka kematian, yaitu lima kasus, yaitu di Kabupaten Ogan Komering Ilir, OKU Selatan, Muba, Lubuk Linggau, dan Ogan Ilir.

Baca Juga :   Pengamat: Warga Jangan Takut

“Dari bulan November 2018 kita sudah membuat surat edaran ke kabupaten dan kota dalam rangka antisipasi kenaikan kasus. Karena kita sudah tahu, dari bulan November itu biasanya kasus selalu naik dan puncaknya di Febuari. Kalau sudah Maret, itu pasti akan turun seiring dengan perubahannya musim,” katanya.

Masih dikatakannya, kriteria yang masuk dalam kategori KLB jika terjadinya peningkatan kasus secara signifikan hingga dua kali lipat sehingga menyebabkan banyaknya kematian.

Baca Juga :   Bulog Klaim Stok Beras dan Gula Aman

“Tapi, Alhamdulillah Sumsel hingga sekarang masih jauh dari angka kejadian luar biasa. Ada kenaikan sedikit, tetapi belum dapat dikategorikan kejadian luar biasa,” ujarnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here