Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Refleksi Sumsel Ingin Lebih Berprestasi?

Sumsel Ingin Lebih Berprestasi?

Tanggal : Pukul :
287
0
Sumsel Ingin Lebih Berprestasi? - Agus Wahid
Sumsel Ingin Lebih Berprestasi? - Agus Wahid

BANYAK pihak menilai, Sumatera Selatan (Sumsel) saat sudah berprestasi. Setidaknya, hal itu dapat kita saksikan pada derap pembangunan fisik di seputar wilayah Kota Palembang. Bagaimana dengan kota-kota atau daerah-daerah lainnya yang ada di tengah Sumsel? Tak dapat dipungkiri, masih terlihat jomplang antara pembangunan Kota Pelambang sebagai ibukota Provinsi Sumsel dibanding kota-kota atau daerah-daerah lainnya.


Lalu, inginkah masyarakat Sumsel lebih berprestasi lagi, tidak hanya di tengah Palembang atau wilayah lainnya? Jawabnya, tentu ingin. Jawaban ini sangat tergantung dari masyarakat Sumsel itu sendiri. Melalui pilkada Sumsel kali ini, inilah saatnya masyarakat Sumsel menentukan keinginan itu. Hal ini sangat tergantung dari pilihan tepat dan tidaknya saat memilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada plikada 2018 ini.

Seperti kita ketahui, Pilkada Sumsel 2018 ini diikuti empat pasangan. Di antara keempat itu terdapat nama Aswari-Irwansyah. Pasangan ini layak kita soroti secara khusus. Hal ini sejalan dengan prestasi yang pernah diukir selama menjabat daerahnya. Aswari yang memimpin Kabupaten Lahat dua periode (2008 – 2018) tercatat gemilang dalam membangun infrastruktur, di antaranya, pembangunan jalan yang berstatus provinsi, kabupaten, kecamatan hingga pedesaan.

Baca Juga :   KPU Sumsel dan Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pilkada Serentak 2018

Realitas pembangunan sarana jalan raya ini jauh berbeda dibanding sebelumnya. Putera Lahat ini juga berhasil membangun pemerataan listrik pedesaan. Kini, sekitar 98% desa sudah terdistribusi aliran listrik. Yang menarik adalah terkategiori listrik kreatif. Kerangka solusi pelistrikan ini – di satu sisi – memberi jawaban kebutuhan energi pelistrikan bagi masyarakat pedesaan. Di sisi lain, PLN tidak terbebani karena keharusan membangun instalasinya. Itulah program lisrik masuk desa ala Aswari. Inilah yang membuat sosok Aswari diundang Presiden RI untuk menerima anugrah kehormatannya.

Tidak hanya itu Aswari mengukir prestasi. Lokasi-lokasi potensi ekowisata juga digarap serius. Karena itu, kini kian bermunculan fasilitas baru sektor pariwisata di tengah Lahat. Dengan demikian, kebutuhan masyarakat terkait hiburan (wisata) relatif terjawab.

Prestasi serupa juga diukir Irwansyah atas kemimpinannya di tengah Pangkalpinang. Segudang prestasi terukir, meski hanya menjabat satu periode. Di bawah “tangan dingin” anak muda Irwansyah, Pangkalpiang meraih sejumlah anugrah dengan berbagai kategori, mulai dari penataan sistem birokrasi bersih, tata-kelola lingkungan yang sehat dan aduhai, sampai ke kategori yang cukup serius. Pendek kata, Pangkalpinang berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi untuk level nasional. Dan itu terjadi saat Pangkalpinang ada dalam kepemimpinan M. Irwansyah.

Baca Juga :   Berpendidikan Tapi Tidak Terdidik

Mengacu pada prestasi yang diraih kedua sosok itu (Aswari – Irwansyah) itu, maka langkah-langkah mencapai preastasi itu sudah dalam skenario yang insya Allah bisa diwujudkan. Dan itulah yang akan disumbangkan untuk Sumsel ke depan. Keduanya bukan hanya berpengalaman untuk mencetak sejumlah prestasi itu, tapi pengetahuan dan komitmennya cukup mendukung. Inilah yang kini dibutuhkan Sumsel saat ini.

Sebuah pertanyaan mendasar, inginkah masyarakat Sumsel menggapai sejumlah prestasi gemilang? Jawabannya bukan hanya ingin secara verbal, tapi tindakan nyata dalam mewujudkan keinginan itu. Memberi dukungan dalam bentuk suara untuk pasangan Aswari-Irwansyah itulah jawaban nyata dalam bentuk tindakan politik yang konkret. Inga, inga… Jangan salah pilih.


*Penulis adalah analis sosial-politik dari Cyber House Indonesia.

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here